PPSSPP: Emulator PSP terbaik multiplatform

Saya seorang penggemar game JRPG (Japanese Role Playing Game) dan bisa dikatakan platform PlayStation merupakan rajanya untuk jenis ini. Nah… karena kesibukan kerja jadi kurang bisa bermain secara penuh di konsol seperti PS3 dan karena memang tidak punya. Haha. 😀 Karena itulah game – game di PSP (PlayStation Portable) adalah solusi saya dan saya sendiri menggunakan emulatornya di Android.

Sebenarnya saya agak ragu juga saat menemukan emulator PSP ini di Google Play, antara apakah memang bisa memainkan game dengan lancar dan apakah spesifikasi handphone Android saya mampu. Dan ternyata saya salah besar, dengan handphone low-end (Lenovo A369i) sudah mampu dengan lancar memainkan game dengan PPSSPP.
ppsspp-android

Anda tinggal memasukkan file iso atau cso dari game PSP pada folder yang ditentukan dan akan langsung dikenali dalam menu aplikasinya. Disini saya mencontohkan memainkan game The Legend of Heroes: Trails in the Sky, sebuah game JRPG yang sistem battlenya ada unsur taktiknya dan bergantian (turn-based).
ppsspp-android-trails-sky

Walau saya menuliskan ini berdasarkan versi Androidnya saya juga ingin memberitahukan bahwa PPSSPP tersedia juga untuk Windows, Mac, iOS, dan Linux – jadi apapun mesin atau sistem operasi anda tidak ada yang tertinggal. Oh ya setting grafisnya masih dibuat lebih detail lagi, tapi ini tergantung kemampuan hardware komputer atau gadget anda tentunya.

Anda terlalu repot bermain secara penuh seperti saya? Maka cheat bisa menjadi solusinya. 😛 di PPSSPP mendukung penggunaan kode curang dengan format CWCHEAT dan bisa anda cari dengan mudah di internet, sebelumnya saya sempat salah mencari GameShark di PSP. Haha… kelihatan kalau kurang paham masalah konsol portable.

Tulis komentar...