Prioritas jaringan di Windows

Misal di komputer anda terpasang dan aktif: kabel LAN, WiFi, dan modem seluler. Kira – kira Windows akan menggunakan yang mana dari ketiga perangkat jaringan tadi? Biasanya akan digunakan yang terbaru dan belum tentu ini yang kita inginkan. Jadi karena koneksi internetnya sudah dipilih dan dipasangkan otomatis oleh Windows membuat kita harus menggantinya secara manual. Bukan hal yang sulit tapi repot.

Nah… kalau anda sering ke suatu lokasi yang menyediakan banyak jalur untuk network atau internet maka daripada ribet sendir mengatur mana koneksi yang diinginkan aktif akan lebih baik lagi sudah diatur secara otomatis berdasarkan prioritas. Dan ini bisa anda setel dengan mudah di Windows, cuma lokasinya saja agak tersembunyi jadi banyak yang tidak tahu.

windows-7-network-connections-toolbar-advanced

Yang pasti silahkan buka Network and Sharing Center dan buka Change adapter Settings. Akan muncul daftar perangkat jaringan yang terpasang dan dikenali dalam Windows, bisa modem/LAN/WiFi/VPN dan sebagainya. Lanjutkan dengan menekan tombol ALT disini, akan muncul toolbar dan klik pada menu Advanced > Advanced Settings.

windows-7-adapter-bindings-settings

Pada jendela Adapter and Bindings silahkan anda tata ulang urutan network connection yang akan dipakai dulu kalau ada. Contohnya anda ingin LAN paling atas, kalau tidak ada baru menggunakan WiFi, dan terakhir modem USB maka aturlah urutannya seperti itu. Mudah kan konsepnya?

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Prioritas jaringan di Windows”

    • Kalau koneksi WiFi otomatis sudah dari Windows XP ada setahu saya mas. Yang jadi masalah kalau ada beberapa SSID/Hotspot dalam satu wilayah, biasanya Windows akan memilih berdasarkan urutan kapan dideteksinya. Padahal belum tentu itu yang terbaik atau yang kita inginkan. Atau malah walaupun ada WiFi tetap internet menggunakan LAN? Ya itu yang diatur disini mas. 🙂

Tulis komentar...