Project Euler: Mengasah kemampuan memecahkan masalah pemrograman komputer

Semasa saya kuliah dahulu tugas pemrograman dari kampus biasanya kurang menantang dan terlalu dasar masalahnya. Walau banyak bahasa pemrograman yang diajarkan tapi tidak ada perubahan dari segi tingkat kesulitan, cuma masalah yang sama dipecahkan dengan bahasa yang berbeda.

Karena itulah saya mencari tahu sendiri bagaimana caranya meningkatkan kemampuan pemrograman saya dalam memecahkan masalah, terutama dalam fokus logika dan algoritma. Terus terang saya lemah dibagian itu, dan sampai sekarang pun masih belajar – cuma sedikit lebih baik saja. 😀

Adanya Project Euler merupakan oasis di tengah gurun bagi saya. Oke, hanya hiperbola saja kok. 😛 Tapi saya sangat bersyukur ada website yang memberikan kita berbagai macam persoalan, baik komputasi, matematis, logika, algoritma atau sekedar puzzle yang harus diselesaikan menggunakan pemrograman.

Bagaimana cara menggunakan Project Euler? Pertama anda harus mendaftarkan sebuah akun dahulu, ini juga digunakan untuk mencatat progress anda sudah sampai pada tahap mana. Setelah itu buka halaman Problems dan pilih salah satu soal yang ada diurutkan dari tingkat kesulitan terendah sampai tersulit.

project-euler-problems

Ada 400 soal lebih kok, dijamin butuh waktu berbulan – bulan untuk menyelesaikannya sambil mengasah kemampuan programming anda, apalagi masih diupdate dengan permasalahan baru setiap minggunya.

Setelah anda memilih pertanyaan manapun akan muncul deskripsi permasalannya dan apa yang diinginkan sebagai jawabannya.
project-euler-problem-1

Kesalahan saya dahulu sewaktu masih pertama kali menggunakan Project Euler adalah mengira bahwa pada kotak Answer diisikan dengan source code program kita. Ternyata tidak, yang dimasukkan adalah jawabannya yang berupa angka. Semoga anda tidak kebingungan atau salah paham juga saat berusaha menjawabnya. 🙂 Jadi bahasa pemrograman apapun yang kita gunakan tidaklah bermasalah, cuma jawabannya saja yang divalidasi.

Nanti akan dicek apakah jawaban anda benar, kalau tidak ya terpaksa anda mengulangi lagi, bila ya maka anda bisa mengakses diskusi khusus untuk pertanyaan tersebut dan memang baru bisa diakses setelah anda berhasil menjawabnya dengan tepat.

Kesimpulannya memang Project Euler bagus digunakan untuk meningkatkan ilmu pemrograman komputer kita dan belajar mengatasi setiap permasalahan pemrograman yang diberikan. Sangat cocok untuk difungsikan sebagai pengisi waktu saat liburan kalau tidak ada kegiatan lain.

Tulis komentar...