Rage4: Hosting DNS serbabisa

Memiliki nama domain saja tidaklah cukup kalau tidak diatur fungsi – fungsinya melalui catatan DNS yang diisikan menuju website atau server anda yang online. Sederhananya bagaimana caranya orang bisa mengakses situs anda kalau tidak ada DNS record yang berhubungan dengan nama domain yang dimiliki.

Pada dasarnya setiap kali anda membeli hosting akan diberikan hosting DNS gratis yang bisa diaktifkan dengan mengarahkan NS (Name Server) domain anda ke NS server web hosting anda. Tapi kualitas dari DNS hosting web hosting biasanya fluktuatif sehingga kalau anda membutuhkan kestabilan maka sebaiknya menggunakan layanan pihak ketiga yang memang fokus memberikan DNS hosting terbaik untuk pelanggannya.

Salah satu DNS hosting yang saya sarankan adalah Rage4 yang memiliki banyak server di berbagai belahan dunia untuk memastikan ketersediaan akses dan kestabilan servernya. Anda tidak perlu membayar apapun kalau hanya ingin sekedar mencoba, tapi ada batasan sebesar 250.000 permintaan per bulan per domain untuk layanan gratisnya, dan untuk website kecil kuota ini tidak akan kehabisan.
rage4-usage-summary
Rage4 mendukung jenis DNS record berikut melalui Zone Management: NS, MX, A, AAAA, CNAME, ANAME, TXT, SPF, SSHFP, TLSA, LOC, SRV, dan NAPTR. Saya sendiri memakai Rage4 untuk belajar Geo Load Balancing sederhana memanfaatkan lokasi DNS server. Karena itulah saya sebutkan bahwa Rage4 adalah layanan DNS hosting serbabisa dengan batasan masuk akal berdasarkan fitur – fiturnya yang juga lengkap. Kecepatan propagasi DNS recordnya bisa dikatakan sangat cepat dari percobaan saya pribadi.
rage4-zone-management

Kalau anda membutuhkan lebih dari layanan gratisnya maka anda dikenai biaya ?1 (1 Euro) per 1 juta request DNS per bulan. Sungguh murah bukan? Kelebihannya dibanding ClouDNS adalah kita bisa mengisikan TTL tanpa dibatasi seberapa kecil nilainya, tapi kalau anda membutuhkan DNS hosting yang tidak dibatasi penggunaanya kecuali di bagian TTL maka ClouDNS bisa menjadi alternatifnya.

Tulis komentar...