Rufus: Membuat Bootable USB Flashdisk mudah dan cepat

Saya baru saja mengalami masalah saat menggunakan WinToFlash untuk membuat Bootable USB dari file ISO Windows 7 yang saya miliki. Ada pesan error “Can’t find file sources\install.wim or file sources\install.swm”, padahal sebelumnya tidak ada masalah. Ini membuat saya mencari program alternatif dan pilihan saya jatuh pada Rufus.

Dibandingkan dengan software sejenis maka Rufus ini adalah yang paling sederhana dan mudah dipahami maksudnya, tampilannya dalam satu jendela aplikasi, tidak terlalu banyak opsi yang anda harus isikan atau pilih.

rufus

Anda tinggal memilih apakah nanti skema partisinya mendukung BIOS atau UEFI atau malah keduanya, jenis file system yang digunakan saat format (NTFS, FAT, exFAT), besar cluster (biarkan saja default 4096 byte), Nama label USB Flashdisk baru anda (tidak berubah juga tidak masalah), sisanya tinggal menentukan opsi format dan lokasi file ISO atau foldernya.

Jadi singkatnya tinggal masukkan USB Flashdisk anda kemudian tentukan file ISO sumbernya dan gunakan setting default, maka Rufus akan mengenali apa sistem operasi yang anda masukkan dan otomatis diproses. Dukungan Rufus tidak terbatas membuat bootable USB untuk setup berbagai jenis Windows, ternyata sistem operasi FreeDOS dan variasi Linux juga didukungnya dan cara pakainya tidaklah berbeda sama sekali.

rufus-copying-iso-files

Tampaknya saya menemukan program favorit saya dalam membuat bootable USB installer untuk sistem operasi Windows dan Linux. Oh ya, saya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dalam membuat USB installer Windows 7 dalam ujicoba kemampuan Rufus ini, termasuk cukup cepat prosesnya dibandingkan Windows 7 USB/DVD Download Tool.

4 pemikiran pada “Rufus: Membuat Bootable USB Flashdisk mudah dan cepat”

  1. gan pas ane bootable ada masalah kalau hampir mau selesai ane bootable katanya “kesalahan tidak di ketahui saat menformat”
    solusinya gimana yah gan
    tolong di jawab

    • Halo Imam, biasanya disebabkan flashdisknya yang korup atau rusak mas. Sudah pernah dites dengan mengisi penuh flashdisknya?

Tulis komentar...