SendGrid: Layanan pengiriman email tanpa ribet

Coba anda mengirimkan ribuan email dalam satu waktu dari hosting atau server anda, saya jamin bila tidak diblokir maka akan dimasukkan dalam daftar spam. Memang kita bisa menggunakan server SMTP milik Gmail, tapi ya kemampuannya terbatas dan bisa melanggar ketentuan penggunaan kalau berlebihan.

Karena itu saya menyarankan untuk memanfaatkan layanan pengiriman email eksternal seperti SendGrid untuk memastikan sampainya surat elektronik anda, bisa disisipi kode tracking/analytics, juga mencegah alamat IP website anda terkena blacklist. Apalagi ada versi gratisnya yang bisa anda pakai untuk mengirimkan 200 email per hari, jadi bisa dicoba dulu kemampuannya.
sendgrid-free-package

Tentu saja akan mubazir rasanya kalau hanya memakai server SMTP SendGrid untuk mengirimkan email. Tidak ada yang salah kok kalau hanya digunakan untuk meneruskan email ke tujuan, salah satu forum yang saya kelola menggunakan SendGrid sebagai server SMTPnya. Yah… minimal bisa dianggap alternatif dari SMTP milik Gmail.

Akan tetapi layanan ini bisa lebih daripada itu, ada fitur tambahan yang akan membuat email kiriman anda lain daripada yang lain, baik dari segi tampilan melalui template, dan fitur melalui SendGrid App.
sendgrid-my-apps
Kalau anda ingin membuat newsletter atau promosi melalui email ke anggota anda maka bisa mendesain sebuah layout email yang indah dan informasional menggunakan sistem templatenya. Tidak hanya itu dengan fitur tracking pada setiap email yang dikirimkan SendGrid anda bisa mengetahui apakah email tersebut sudah dibaca, link mana saja yang diklik, berapa lama waktu membukanya, menambahkan avatar anda dalam email dan masih banyak lagi.

Tulis komentar...