Setelan redirect permalink Blogspot ke WordPress

Blogspot keunggulan paling utamanya adalah gratis, tapi kadang ada yang ingin berpindah ke WordPress karena fleksibilitasnya. Salah satu masalah yang membuat pemilik blog ragu untuk migrasi, apalagi kalau trafiknya sudah cukup besar adalah masalah permalink. Di blogger defaultnya adalah seperti ini https://uteknocom.blogspot.co.id/2016/04/judulnya-contoh-saja.html dan ini sebenarnya bisa ditiru di WordPress, tapi kadang tidak sesempurna yang diharapkan.

Saya bahas solusi paling mudah dulu dimana struktur friendly url dari blogspot kita tiru, jadi pada pengaturan permalink WordPress jangan pilih Bulan dan nama walaupun mirip (tapi bisa anda gunakan langsung kalau tidak terlalu berat mengganti sedikit formatnya), tapi ubah ke Struktur Tersuai dan isikan kode berikut: /%year%/%monthnum%/%postname%.html. Lihat gambar dibawah kalau bingung.
wordpress-pengaturan-permalink

Jadi pengunjung yang membuka link website anda dari Google atau bookmark browsernya akan tetap bisa mengakses halamannya tanpa ada kendala sama sekali.

Tapi untuk memastikan struktur permalinknya berfungsi sempurna perlu ditambahkan redirect, apalagi kalau anda mengganti struktur permalinknya. Jadi silahkan tambahkan kode berikut dalam file .htaccess website anda:
RedirectMatch 301 ^/([0-9]{4})/([0-9]{2})/([^/]+).html$ http://nama_domain.com/$3

Asumsinya anda masih menggunakan shared hosting atau VPS yang memanfaatkan Apache atau LiteSpeed. Nanti setiap ada permintaan konten yang memiliki format url mirip/serupa akan otomatis dialihkan ke lokasi barunya. Secara permanen (kode 301) sehingga Google tahu ini alamat halamannya sudah pindah.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...