6 Software gratis untuk video editing

Melakukan video editing? tidak harus menggunakan software berbayar, saya akan menunjukkan beberapa software video editing gratis yang anda bisa pilih sendiri sesuai kebutuhan anda. Kualitas software gratis ini tidaklah kalah dengan yang berbayar, apalagi kalau anda hanya ingin melakukan proses – proses editing sederhana seperti pemotongan, konversi, atau efek – efek video.

Langsung saja anda bisa melihat beberapa software untuk video editing yang bisa anda coba terlebih dahulu :
1.Windows Live Movie Maker adalah produk dari Microsoft, Tampilan antarmuka dari software ini sudah mengikuti sistem operasi Windows terbaru. Beberapa fitur yang tersedia seperti fade soundtrack dan efek – efek artistik lainnya, aplikasi ini sesuai bagi pemula.

2.Avidemux adalah software sederhana yang dapat anda gunakan untuk memotong video, memberikan efek atau filter terhadap video anda dan mengkonversi video anda.

3.Jaycut adalah software video editing berbasis web jadi penggunaan software ini harus menggunakan internet, tampilan software ini sangat mirip dengan Adobe Premiere yang merupakan software yang biasa digunakan dalam video editing. Karena berbasis web, anda harus melakukan upload video yang anda ingin edit terlebih dahulu. Jadi koneksi internet anda adalah batasannya.

4.Pinnacle VideoSpin adalah produk dari Pinnacle yang terkenal dengan Pinnacle Studio-nya, walaupun VideoSpin tidak memiliki fitur – fitur yang canggih dibanding Pinnacle Studio. Video hasil editing bisa dalam berbagai format seperti AVI dan MPEG.

5.Youtube Video Editor. Sedikit yang tahu bahwa Youtube memiliki video editor sendiri, fitur – fitur yang ada memang ditujukan pada penggunaan Youtube sehingga pilihan yang ada cukup terbatas. Bila video anda membutuh editing sederhana dan memang akan diupload di Youtube maka akan cukup memadai fasilitas yang diberikan oleh Youtube Video Editor ini.

6.VirtualDub adalah software video editing yang dapat anda gunakan bila anda ingin membuat perubahan yang mirip atau sama pada video dengan jumlah banyak. Software ini biasa digunakan bagi yang sudah ahli dalam video processing.

Untuk editing video dengan fitur yang lebih mutakhir memang lebih baik menggunakan yang berbayar seperti Adobe Premiere dan Pinnacle Studio. Tapi beberapa aplikasi video editing diatas sudahlah cukup kalau anda membuat video sebagai hobi.

Tulis komentar...