Solusi gagal menghapus Steam

Ceritanya saya ingin mengatur ulang isi harddisk di PC, salah satunya dengan menguninstall aplikasi Steam. Tapi ada masalah terjadi saat saya berusaha menjalankan proses penghapusannya, malah muncul pesan error:
Windows cannot find ‘C:\Program Files (x86)\Steam\uninstall.exe’. Make sure you typed the name correctly, and then try again.

Dari pesan error ini saya langsung sadar kenapa, karena Steamnya sendiri saya install di drive E bukan C, jadi tampaknya ada kekeliruan dalam data yang disimpan uninstallernya.

Tentu saja kita bisa langsung klik kanan > Delete, tapi solusi seperti ini tidaklah rapi dan takutnya malah jadi calon masalah kedepannya. Bisa Steam yang akan jadi aneh atau sistem operasi tidak stabil.

Kalau anda mengalami masalah serupa, maka bisa coba solusi berikut. Kita perlu command prompt dengan hak administrator. Tinggal eksekusi perintah:
mklink /D "C:\Program Files (x86)\Steam" "E:\Program Files (x86)\Steam"
Ingat, sesuaikan drive mana yang jadi targetnya dengan kondisi di komputer anda, disini saya menggunakan drive E.

Ini teknisnya kita akan membuat symbolic link (semacam shortcut) pada drive C untuk file yang di drive E. Jadi oleh uninstaller Steam akan dianggap ada file yang dibutuhkan.

Kalau diingat – ingat masalah direktori instalasi Steam ini sudah terjadi sejak rutinnya Windows Update di Windows 10, selalu kena reset dan perlu dibetulkan setiap kali terjadi. Kesimpulannya, lain kali aplikasinya akan tetap saya install di drive C, cuma data gamenya di drive lain supaya tidak konflik lagi.

Semoga membantu. 🙂

Tags:

Leave a Reply