Solusi “[install.wim] does not exist.”

Saat anda menekan tombol Install Now pada setup Windows 7 atau 8 malah muncul pesan error “Windows could not collect information for [OSImage] since the specified image file [install.wim] does not exist.”. Wah… ada – ada saja ini, padahal dengan menggunakan media instalasi yang sama sebelumnya tidak ada masalah apa – apa.

Error ini disebabkan tidak ditemukannya file install.wim pada installer Windows, dan penyebabnya bisa bermacam – macam. Dari pengalaman saya kebanyakan sepele, cuma agak repot saja cara memperbaikinya.

Kalau anda juga menderita dari penyakit yang sama maka bisa dicoba beberapa cara atau solusi berikut, silahkan pilih metode mana yang paling mudah menurut anda.

Keluar dan masukkan lagi media instalasinya

Entah kenapa kadang hardwarenya “ngadat” dan tidak mengenali file – file yang ada, jadi kalau ini DVD maka eject saja dan masukkan kembali. Bila USB Flashdisk sama saja kok, lepas dan pasang kembali. Niscaya proses install Windows akan dilanjutkan karena telah dideteksi ulang filenya yang hilang ini.

Pindahkan ke slot atau port lain

Masih berhubungan dengan hardware, saya pernah sekali terpaksa memindahkan kabel data DVDnya ke slot IDE yang lain dan ternyata bisa. Jadi gunakan saja slot IDE/SATA yang dipakai DVD drivenya, bila USB coba pasang di port lain. Terakhir mungkin sekalian ganti kabel datanya.

Burn ulang ISO Windows

Ini saya juga cuma pernah sekali, mungkin DVD drivenya yang terlalu memilih – milih. Sebelumnya saya menggunakan DVD-RW, akhirnya saya burn ke DVD-R biasa dengan kecepatan yang lebih rendah. Hasilnya? Ternyata sukses untuk melanjutkan proses instalasi Windows.

Cari ISO alternatif Windows

Kalau ini saya cuma pernah diberitahu teman saya sesama IT support kalau dia langsung mendownload file ISO Windows 7 yang baru dari Microsoft untuk mengatasinya. Saya belum pernah mencobanya, tapi bisa jadi memang ISO sumbernya bermasalah dan perlu diganti.

Semoga berhasil. 😀

Tulis komentar...