Solusi ada spasi antar huruf pada Windows

Last Updated on April 2, 2021

Ini hal yang lucu sebenarnya, keponakan saya penggemar anime dan manga dan sedang berusaha belajar bahasa Jepang secara otodidak. Mungkin anda bingung apa hubungannya dengan masalahnya? Tunggu sebentar, nanti akan jelas dengan sendirinya.

Jadi dapat laporan saat ngetik tugas kuliah di Word setiap huruf yang diketikkan seakan ada jarak satu spasi. Jadi bisa lebar sekali tulisannya dan agak tipis fontnya. Yang pasti tidak biasa melihatnya.

Ini kalau dibiarkan jelas mengganggu pekerjaan, dan kalau dicetak ya kacau hasilnya karena ada jarak antara karakter yang diketikkan.

Nah… penyebabnya adalah keyboard di Windows 10 adalah menggunakan Jepang (JP) atau Korea Selatan (KR). Mereka menggunakan font fullwidth teknisnya, sederhananya ukurannya lebih besar daripada font latin murni.

Ini tujuannya kalau teksnya dicampur aksara jepang atau korea dengan alfabet maka akan tetap rapi. Jelas tidak berlaku untuk Indonesia.

Solusinya? Mudah, tinggal kembalikan saja ke jenis keyboard English/US/Indonesia atau variasinya yang ada di Windows. Bisa lewat setting di kanan bawah sebelah jam. Atau lewat Control Panel.

Tinggal pilih yang mana regional papan ketiknya dan seharusnya akan langsung normal kembali. Kalau belum tampak perbaikannya, bisa dicoba restart Windows setelahnya.

Tinggalkan komentar