Solusi Temporary Server Error pada BlackBerry Messenger

Ada satu masalah yang saya alami saat mengupdate BlackBerry Messenger di Android ke versi terbarunya (2.10.0.31 saat artikel ini ditulis). Seperti biasanya setelah proses download update – install update – kan pasti direstart aplikasinya dan yang muncul malah layar biru disertai pesan kesalahan di handphone Lenovo P70 milik teman saya. Waduh… 🙁

Cuma ada tulisan “Temporary Server Error – A temporary server error has occured. Please try again.”. Kalau percaya apa isi pesannya sih ada masalah pada server BBM, tapi di handphone Zenfone 5 saya normal – normal saja layanan BBM. Repot kan?
android-bbm-temporary-server-error

Akhirnya setelah mencari tahu apa kemungkinan penyebab dan solusinya ternyata ada beberapa hal, dan bisa anda coba satu per satu untuk mengatasi masalah ini.

Satu. Pastikan koneksi data atau internet lancar, kalau pakai data seluler sebelumnya coba ganti dengan WiFi. Ya memang ada kemungkinan bukan server BlackBerry yang error tapi koneksi internet kita yang gagal tersambung.

Kedua. Pastikan username dan password yang anda masukkan saat sign-in akun sudah benar, ternyata pesan kesalahan ini juga bisa terjadi kalau salah mengisikan kata sandinya.

Ketiga. Bersihkan data dan cache aplikasi, silahkan akses Settings > Apps > BBM. Kemudian tap di Clear data dan Clear cache. Nanti anda akan diminta login kembali. Kalau masih gagal coba sekalian hapus dan install ulang.
android-bbm-app-info

Keempat. Yang berhasil pada teman saya adalah dengan mereset akun BlackBerry IDnya: https://blackberryid.blackberry.com/bbid/recoverpassword/ Jadi jangan lupa apa username/alamat email anda kemudian reset passwordnya. Kemudian login kembali dengan kata sandi barunya.

Tambahan saja. Khusus untuk handphone Android yang telah diroot dan telah memindahkan lokasi instalasi BBM ke SD card maka kembalikan ke internal storage. Ini karena BBM memang tidak memperbolehkan aplikasinya diinstall di microSD, dan yang bisa memindahnya adalah pada perangkat Android yang telah diroot dibantu aplikasi seperti Link2SD, AppMgr dan sebagainya.

Semoga berhasil. 🙂

Tulis komentar...