Solusi sementara tombol volume Android rusak

Masalah handphone terjatuh pasti pernah dialami, termasuk hal wajar walau jarang terjadi. Hal ini baru saya rasakan pada Meizu m2 note saya yang baru berusia 3 bulan. 🙁 Aslinya sih tidak terasa adanya kerusakan, kecuali tempered glassnya ada garis lecet (sempat saya kira rambut), dan beberapa hari kemudian baru sadar tombol volumenya tidak bisa berfungsi. Volume up saja. Dan karena saya biasa menggunakan mode Mute/Silent/Sunyi jadi ga sadar agak lama. Waduh…

Karena di kota saya entah dimana service center Meizu dan saya tidak punya handphone cadangan akhirnya saya mencari solusi alternatif. Adakah pengaturan untuk mengubah besarnya suara di Android? Secara software maksudnya. Pas ketemu di setelan (Sound) ternyata kok pas dites cuma berpengaruh ke suara ringtone dan telepon. Kurang tepat jadinya karena saya ingin mengatur kencangnya bunyi lagu dan video.
volume-chopcut
Akhirnya setelah mencari referensi tampaknya cuma bisa menggunakan aplikasi, dan saya ketemu yang cukup sederhana: Volume ChopCUT. Tinggal anda download dan install.

 

Nanti anda akan diminta menentukan bagaimana app ini akan aktif, saya memilih agar ada di notification bar saja biar tidak mengganggu.

volume-chopcut-notification-bar

Cara menggunakannya tinggal tap pada notifikasi atau widgetnya dan nanti akan muncul jendela volume. Tinggal geser saja kiri mengecilkan dan kanan meningkatkan volume suaranya. Sudah. Memang fungsinya se-simple itu. 🙂

Akhirnya saya pakai solusi sementara ini untuk mengatasinya, sambil menunggu waktu ke service atau ke toko hp buat perbaikan switch volume yang tersangkut tidak bisa ditekan.

Tulis komentar...