Solusi Your clock is behind atau ahead pada Google Chrome

Pada saat anda browsing ke situs tertentu menggunakan Google Chrome bukannya terbuka malah muncul pesan error yakni “Your clock is behind” atau “Your clock is ahead“. Jangan panik dulu kalau anda mengalami masalah ini karena solusinya sangatlah mudah.

Kalau diartikan penyebabnya adalah waktu di komputer anda berbeda dengan saat itu, ini bisa terlalu lambat (behind) atau terlalu cepat (ahead). Dari sini sudah bisa kita tebak solusinya apa. 🙂
google-chrome-your-clock-is-behind

Yup, kita perlu mencocokkan lagi jam komputer apakah sudah sesuai dengan waktu saat ini. Kalau anda tidak mau repot maka tinggal klik saja tombol Update date and time yang berwarna biru. Ini akan membuka jendela setting waktu di Windows. Selesai, itu saja.

Tapi ada juga faktor lain yang bisa berpengaruh pada error ini. Ini secara tidak sengaja saya temukan pada beberapa produk antivirus yang memiliki fitur untuk membaca koneksi HTTPS (pakai SSL). Disini mereka akan membajak dan memodifikasi data yang ditransfer, normalnya sih tidak akan merugikan, tapi kadang ada kombinasi setting antivirus yang tidak kompatibel dengan situs yang diakses.

Oh ya, kalau setiap restart komputer jamnya selalu tidak cocok ini berarti baterai BIOS anda sudah mati, saatnya diganti baru. Harganya murah kok, cuma 5.000-an dan sama dengan baterainya kalkulator.

Tulis komentar...