SQLite Browser: Mengolah database SQLite tanpa repot

Sewaktu kuliah dulu setiap kali membuat program desktop pasti yang disarankan dosen adalah menggunakan Microsoft Access sebagai databasenya. Memang melakukan pengembangan software di Windows lebih mudah memakai Access karena sudah terintegrasi Microsoft Visual Studio. Tapi kalau anda ingin menggunakan sistem database yang independen paltformnya maka SQLite bisa menjadi pertimbangan.

Kalau file Access (mdb) bisa diolah dengan Microsoft Access maka untuk SQLite (sqlite, sqlite3, db) bisa menggunakan SQLite Browser. Cara menggunakannya gampang sekali, klik New Database untuk membuat database baru kemudian silahkan isikan tabel – tabelnya. Kode SQLnya akan otomatis diperlihatkan dibawahnya berdasarkan apa yang anda isi pada wizardnya.

sqlite-browser-edit-table-definition

Kriteria – kriteria field tabel seperti Primary Key, Auto Increment, Not Null, Unique dan sebagainya juga tersedia. Tipe data yang didukung adalah INTEGER, BLOB, TEXT, REAL, dan NUMERIC. Semuanya ini bisa dipilih dari opsi yang ada tanpa perlu repot mengetikkan satu kodepun.

Atau bila anda ingin membuka database SQLite maka akan otomatis terbaca isinya, anda bisa menambahkan atau mengedit data pada setiap tabel.

sqlite-browser-browse-data

Jadi kalau anda sering berurusan dengan database SQLite di Windows maka SQLite Browser adalah software wajib untuk mengaturnya dengan mudah dan cepat.

Satu pemikiran pada “SQLite Browser: Mengolah database SQLite tanpa repot”

Tulis komentar...