StatCounter: Melacak aktivitas pengunjung website

Saya sedang membantu teman saya membangun website usahanya, dan ternyata Google Analytics dirasa terlalu membingungkan dan meminta saya mencari layanan alternatif untuk memahami aktivitas pengunjung situsnya. Sebenarnya saya teringat oleh HiStats tapi entah kenapa verifikasi CAPTCHAnya selalu gagal. 🙁 Alhasil saya mencoba StatCounter, tapi akhirnya saya lebih menyukai ini karena lebih sederhana.

Ya, StatCounter merupakan layanan pelacakan aktivitas pengunjung situs dimana nanti anda mendapatkan laporan statistik dan analisanya, juga dapat melihatnya secara realtime. Untuk memasukkan website anda silahkan mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Bila sudah maka setelah login silahkan klik Add Project dan isikan data – data yang diminta. Selain itu anda bisa menampilkan tombol atau penghitung jumlah pengunjung – ini opsional – bahkan bisa anda sembunyikan secara total.
statcounter-add-project
Oh ya, anda bisa mengatur apakah laporan website anda bisa dibaca oleh publik dan data apa saja yang boleh dilihat.

Proses selanjutnya adalah memasangkan script tracking dari StatCounter ke website anda. Bila anda menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal dan sebagainya atau layanan online maka bisa memilihnya dari opsi – opsi yang ada.
statcounter-installation-guide

Saya memilih default guide karena tidak ingin menginstall plugin WordPress. Jadi tinggal dicopy kodenya dan dipastekan saja pada widget Text di WordPress.

statcounter-default-guide

Setelahnya silahkan diverifikasi bahwa script tersebut sudah terpasang dan aktif di situs anda.

Akhirnya akan muncul statistik pertama dari pengunjung situs, walaupun saat ini cuma 1 karena masih sepi. 😀
statcounter-summary
Kesimpulannya kalau anda sedang mencari layanan pelacakan, analisa, dan statistik pengunjung website alternatif maka StatCounter patut dipertimbangkan.
Semoga bermanfaat.

Tulis komentar...