Strap Mi Band terawet

Advertisements

Saya sudah menggunakan Mi Band sejak seri pertama yang masih belum ada layarnya, cuma 3 lampu LED sebagai indikator. Dan sekarang sedang menggunakan Xiaomi Mi Band 4, dan walau sekarang sudah rilis generasi keenamnya tapi belum ada niat upgrade karena fungsi dasarnya toh sama saja. Akurasi ya 11-12 kalau untuk penggunaan sehari-hari

Kalau dihitung, saya pakai mi band 4 ini sudah setahun lewat. Tapi karena setiap generasi saya setidaknya pernah punya, penyakit paling umum itu bukan di alatnya sendiri tapi di tali gelangnya atau populer disebut strap.

xiaomi mi band4 strap paracord

Singkat cerita, strap yang saya rekomendasikan adalah yang dibuat dari jenis tali paracord seperti dalam foto diatas. Umum dipakai dalam hiking/mendaki gunung atau kemping. Di Tokopedia dan Shopee ada, harganya sekitar 40 ribuan saya beli. Tapi awet banget. Yang di Mi Band 3 sampai sekarang sudah 2 tahun lewat masih aman-aman saja, dipakai keponakan. Dan yang untuk Mi Band 4 masih menuju setahun.

Advertisements

Kalau soal harga tampaknya mahal, karena strao plastik silikon yang dijual di olshop itu cuma 10 ribuan yang biasa. Yang motif karbon 20-30 ribuan, tapi aslinya plastik juga. Dan tentunya yang pakai rantai logam, bisa mencapai 100 ribuan. Semuanya sudah pernah saya miliki dan mengecewakan.

Gelang silikon yang biasa, walau original paling 6 bulanan usianya kalau intensif dipakai aktivitas atau olahraga. Walau murah, tapi mubazir juga. Kalau putusnya waktu gerak dan ga sempat nangkap mi band jatuh ya runyam kalau hilang.

Yang nyamar jadi carbon lebih lama sedikit, tapi kelemahannya sama . Sedangkan logam alasannya lain lagi, agak nyesal karena bikin kulit gatal-gatal. Jadinya mubazir.

Advertisements

Saya ga bilang strap dari bahan paracord adalah yang terbaik, tapi kalau cari yang usianya panjang dan bentuknya awet walau pemakaian jangka panjang. Mending cari yang ini. Dan tidak ada resiko alergi tampaknya.

Modelnya sendiri ya suka-suka yang buat sih. Kalau saya asal kuat dan tahan lama sudah cukup. Sedangkan warnanya cukup variatif, ada yang bisa kombinasi 2 warna. Tapi memang ada yang tali paracordnya cuma 1-2 helai saja, kalau yang saya beli dibuat model simpul jadi tebal bukan kaya gelang melingkar saja..

Tambahan juga, cek dulu tokonya. Saya beli di toko peralatan kemping malah dan barangnya ga ready, sehari bikin baru dikirimkan. Tapi hasilnya memuaskan. Sedangkan toko lain saya perhatikan ada yang impor dari Cina dan terlalu minimalis buat saya.

Advertisements

Tinggalkan komentar