Apakah anda sudah terdaftar sebagai pemilih Pemilu Presiden 2014?

Kali ini saya membuat sebuah pesan layanan masyarakat karena sebentar lagi pesta demokrasi untuk Pilpres yang akan berlangsung di 9 Juli 2014 ini. Jangan sampai anda melupakan bahwa suara anda ikut menentukan masa depan bangsa Indonesia, dan pastikan bahwa nama anda sudah terdaftar sebagai pemilih tetap Pemilihan Umum Presiden.

Yang anda butuhkan adalah nomor KTP anda yang tertulis sebagai NIK. Setelah itu kunjungi halaman Data Pemilih Tetap Pemilu Presiden (DPT Pilpres) yang disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Langsung saja isikan NIK anda pada kotak sebelah kiri bernama Pencarian Nasional dan langsung klik Cari.
kpu-pencarian-nasional
Akan langsung muncul data pemilih tetap berdasarkan NIK yang anda masukkan. Informasi yang muncul ada mengenai lokasi dan nomor TPS (Tempat Pemungutan Suara) tempat anda berpartisipasi, alamat TPS tersebut kalau ada, dan disusul oleh identitas pribadi anda.
kpu-dpt-pilpres
Kalau data anda tidak ditemukan atau salah maka sebaiknya anda menghubungi Ketua RT setempat untuk mendaftarkan diri atau memperbaikinya, ini supaya anda bisa memberikan suara dan suara yang diberikan dianggap sah.

Oh ya, anda bisa melihat daftar pemilih tetap berdasarkan wilayah disini. Jadi kalau anda ingin tahu berapa dan siapa saja yang bisa memilih dari daerah anda bisa mengeceknya melalui fitur Pilih Wilayah. Pertama yang ditentukan adalah provinsi > kabupaten/kota > kecamatan > kelurahan/desa > nomor TPS, jadi sangatlah mendetail kalau anda mau memastikan partisipasi satu lokasi.

kpu-wilayah-dpt

Siapapun yang berhasil menang Pemilu Pilpres (baik pasangan Jokowi-Jusuf Kalla atau Prabowo-Hatta Rajasa) semoga menjadikan masa depan negara dan warganya menjadi lebih baik. Amin. 🙂

Tulis komentar...