Suka Duka Mystery Box

Sudah agak lama saya tahu marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan JD.id menjalankan semacam promosi/event yang bisa dianggap tidak pasti isinya: Mystery Box. Tapi saya enggan mencoba karena tampaknya tidak jelas dan takutnya malah merugi.

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau isi kotaknya misterius, tapi ada semacam jaminan kalau nilai barang yang didapatkan adalah bisa minimal setara atau lebih besar dari yang kita bayarkan. Bisa mencapai 2x lipat, tapi ini bukan hal yang pasti juga. Karena harga yang dipakai acuan itu harga eceran tertinggi, jadi jangan kaget kalau beda dengan harga pasaran yang lebih murah.

Yang saya ikuti kali ini dari si kuda poni JD.id. Deskripsi resminya:

Bersiaplah untuk mendapatkan kejutan di dalam Mystery Box! Setiap jamnya, selain barang dengan nilai lebih tinggi dari harga beli, akan ada 1 Mystery Box spesial yang nilai barangnya jaaauh berkali-kali lipat. Penasaran? Yuk pilih Mystery Box-mu sekarang! Isinya bikin untung, hadiahnya ngagetin!

Juga kita tidak bisa membatalkan setelah membayar pesanan dan melakukan retur kalau tidak sesuai harapan.

Karena kita baru tahu apa isi box setelah bayar dan datang barangnya, bisa dikatakan ini beli kucing dalam karung. Juga bukan berarti apa yang diberikan barang buangan atau tidak bermanfaat. Ada kok yang share bener2 bagus seperti laptop, handphone yang 2x lipat dari harga yang dibayarkan. Ini yang resmi dari brand/official ya, bukan yang dimulai sendiri oleh tokonya.

Tapi tentu saja ada pengalaman negatif, harapannya dapat barang yang bermanfaat tapi yang diterima malah mengecewakan. Contohnya saya bulan kemarin beli mystery box di JD.id yang sellernya terlihat Anker seharga 150 ribu. syukur-syukur semoga dapatnya power bank atau charger QC 3.0, karena merek ini memang bagus.

Dan apa mau dikata kenyataannya berkata lain, saya malah mendapatkan kabel micro usb powerline+ 1 meter yang ada dompet kulitnya :'( yang harga normalnya memang mahal sih, diatas harga mystery box, tapi akhirnya jadi semacam aksesoris terlalu berlebih kemasannya dengan fitur sama saja dengan kabel 30 ribuan.

Jadi harap pahami dulu bagaimana sistem kerja mystery box jd.id, dan apa resikonya kalau zonk. gagal cuan deh akhirnya. 🙂

Bagaimana pengalaman anda? Apa ada yang nasibnya sama berduka dengan isi mystery box? Atau malah isinya suka? 😀 Yuk dishare!

Tulis komentar...