Sulitnya memecahkan reCAPTCHA

Salah satu layanan verifikasi identitas pengunjung apakah robot atau manusia adalah reCAPTCHA dari Google. Dulu fungsi reCAPTCHA juga ganda dengan menuliskan tulisan di buku hasil scan menjadi digital, ya dengan bantuan manusia yang memecahkan CAPTCHAnya. Kemudian kita akan diminta mengisikan tulisan atau angka yang didapatkan pada Google Streetview. Sekarang malah lebih mudah lagi karena cukup memberi centang dengan sistem NoCAPTCHA.

Tapi akhir – akhir ini dirasa terlalu ketat dimana seluruh website atau layanan online yang memanfaatkan reCAPTCHA selalu gagal dipecahkan. 🙁 Selain layanan CAPTCHA ini gratis juga bisa dikatakan cukup bisa diandalkan dalam mencegah bot menembusnya.
cloudflare-captcha
Kembali ke fokus permasalahan, karena sistem deteksi bot mereka kadang terlalu sensitif maka sekali dikenali adanya masalah atau kita salah mengisi efeknya bisa berkepanjangan. Seperti yang saya alami, sudah dicentang dengan benar malah dianggap gagal. 🙁 Masalahnya semua situs jadi kena imbasnya.

Akhirnya setelah beberapa lama mencoba mengatasinya dan mencari solusinya ada beberapa hal yang bisa dicoba:

  1. Gunakan browser alternatif. Coba Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, Safari, Opera dan masih banyak lagi.
  2. Restart modem atau ONT. Kadang dapat alamat IP publik dengan reputasi buruk dari ISP, ini berpengaruh.
  3. Cek komputer anda dari virus. Kalau Google mendeteksi komputer anda ada malware atau virus memang bisa diblokir aksesnya.
  4. Gunakan Incognito atau Private Mode. Ini akan menghilangkan jejak dan identitas dari browser yang digunakan. Efeknya antara CAPTCHAnya normal atau akan diberikan solusi alternatif seperti memilih gambar.

Coba salah satu dulu ya, jangan semuanya secara bersamaan dilakukan.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Sulitnya memecahkan reCAPTCHA”

Tulis komentar...