SymMover: Mudah dan cepat memindahkan instalasi program

Secara default setiap program yang diinstall di Windows akan dimasukkan kedalam folder C:\Program Files dan memang untuk program pekerjaan atau bersifat serius saya sendiri merekomendasikan begitu, apalagi kalau anda menggunakan SSD maka dijamin terasa cepat saat menggunakan setiap aplikasi yang berada di drive C. Masalahnya adalah saya sendiri tidak menyukai kalau lokasi game dijadikan satu dengan program – program lainnya, selain tidak rapi sekarang ukurannya juga cukup besar sehingga bisa menghabiskan kapasitas Harddisk atau SSD dengan cepat.

Jikalau anda menggunakan Steam maka masih bisa dipilih atau dipindahkan secara manual lokasinya, tapi kalau sudah terlanjut tersimpan di folder tertentu maka biasanya kita terpaksa melakukan instalasi ulang. Ini jelas merepotkan dan bisa membuang waktu kalau prosedur dan ukurannya cukup besar.

Karena itulah saya sekaligus ingin memperkenalkan software SymMover yang berfungsi memindahkan seluruh file – file program menuju lokasi barunya. Daftar program atau game yang terinstall di Windows akan langsung muncul saat menekan tombol plus (+). Setelah itu kita tinggal menambahkan program apa yang ingin dipindah dan kemana lokasi tujuannya.

symmover

Untuk setiap program silahkan anda masukkan kedalam antrian (statusnya akan pending) dan pastikan memang benar nama – nama aplikasi tersebut yang ingin dipindah. Nanti baru anda klik tombol panah berwarna hijau untuk mulai proses pemindahannya, sedangkan panah kuning untuk mengembalikan ke asalnya. Benar – benar mudah dan cepat saat saya mencobanya.

Yang dilakukan SymMover sebenarnya adalah membuat symbolic link dari lokasi lama ke lokasi baru untuk setiap folder dan file didalamnya. Kalau anda pernah menggunakan Linux pasti sudah mengenal fitur ini. Kalau di Windows hal paling sederhana yang mirip dengan symbolic link adalah shortcut, jadi nanti setiap referensinya akan memakai shorcut untuk mengaksesnya.

Dari cara kerjanya maka SymMover bisa dianggap aman dan kecil kemungkinan terjadi masalah pada programnya setelah dipindah. Tapi tetap saja saya sarankan untuk diuji coba pada program – program kecil untuk memastikan kompatibilitasnya terlebih dahulu di Windows yang anda gunakan.

2 pemikiran pada “SymMover: Mudah dan cepat memindahkan instalasi program”

    • Halo, kalau bisa direpair saja mas Windowsnya bila tidak ingin ada program – program yang hilang. Sedangkan data asalkan tidak di drive C akan aman – aman saja.

Tulis komentar...