Taskbar Control: Sembunyikan dan munculkan taskbar Windows dengan tombol hotkey

Bisa dibilang Taskbar merupakan salah satu elemen visual yang membantu penggunaan Windows, anda bisa mengakses berbagai macam fitur Windows dari sini, notifikasi dan kondisi komputer, juga program yang sedang aktif. Tapi ada juga yang kurang menyenangi karena taskbar akan menempati posisi permanen dibawah (atau di posisi lain tergantung selera anda) dan memakan luas layar anda. Bagi yang suka tampilan minimalis biasanya akan disetting auto-hide tapi kalau anda seperti saya maka lebih baik Taskbar ada saat dibutuhkan saja.

Maka anda bisa menggunakan program Taskbar Control untuk menyembunyikan taskbar Windows menggunakan kombinasi tombol yang telah ditentukan sebelumnya. Disini saya menggunakan Taskbar Control Classic. Saat dijalankan aplikasi ini akan diam duduk manis di system tray Windows menanti perintah anda.

taskbarcontrol-classic-system-tray

Bila anda membuka settingnya maka anda bisa mengubah tombol apa saja yang ditekan untuk mengaktifkan dan mematikan taskbar, defaultnya adalah CTRL+ALT+I.

taskbarcontrol-classic-settings

Terus terang saya sendiri saat pertama menggunakannya kurang paham apa kelebihan dibanding kalau dibiarkan saja, tapi semakin lama saya menggunakannya maka saya semakin menghargai lapangnya layar desktop komputer di depan mata. Rasanya tenang melihat wallpaper tanpa ada icon – icon dan taskbar. 😀

Tulis komentar...