Lisensi Tema dan Plugin WordPress seumur hidup

Rata – rata lisensi dari tema dan plugin WordPress berbayar adalah 1 tahun untuk support dan updatenya. Karena untuk ukuran orang Indonesia biaya perpanjangan lisensi ini kadang termasuk mahal, tapi masih oke lah kalau cuma butuh satu. Tapi bayangkan saja apabila butuh kombinasi satu tema dan banyak plugin. Pastinya akan lebih mahal biayanya dibandingkan hosting dan domainnya. Karena itu saya sendiri sering mencari yang berlaku seumur hidup atau sering disebut lifetime license.

Biasanya yang berani menawarkan sistem lifetime ini adalah penyedia tema atau plugin WordPress baru yang masih mencari penggunannya, juga seringkali masih murah. Ketersediaannya juga dalam jangka waktu terbatas, rata – rata 1-2 tahun dan apabila jadi populer maka opsi pembelian lisensi seumur hidup ini akan dihilangkah. Jadi kalau memang anda butuh dan memiliki dananya maka jangan ragu lagi membelinya.

Berikut ini adalah daftar WordPress Theme dan Plugin berbayar yang menawarkan lifetime license yang saya tahu:

  • ElegantThemes: https://www.elegantthemes.com/join.php
    Dengan nama Lifetime Access menawarkan semua tema premiumnya dengan membayar $249 saja dan berlaku seumur hidup baik support dan updatenya.
  • TeslaThemes: https://teslathemes.com/pricing/
    Menawarkan Lifetime dengan tarif $199. Mendapatkan update dan support.
  • StudioPress: http://my.studiopress.com/themes/genesis/
    Atau cukup sering dikenal dengan Genesis Frameworknya yang bisa didapatkan seharga $59.95 atau bisa mendapatkan lengkap semuanya Pro Plus seharga $499.95. Sama, kita akan mendapatkan support dan updatenya.
  • GeneratePress: https://generatepress.com/add-ons/
    Temanya memang gratis tapi addonnya berbayar, cuma $39.95 untuk selamanya.
  • CometCache: https://cometcache.com/
    Kalau anda butuh plugin cache WordPress yang bagus maka CometCache bisa menjadi pertimbangan. Pro Version bisa didapatkan $39 dan update berlaku selamanya. Cuma supportnya saja setahun.
  • BackupBuddy: https://ithemes.com/purchase/backupbuddy/
    Sedangkan untuk backup data website anda secara otomatis dan aman maka bisa memanfaatkan BackupBuddy. Harganya untuk Gold adalah $297. Kita akan mendapatkan update lifetime tapi supportnya cuma 12 bulan.

Semua data diatas adalah yang terbaru dan akurat saat artikel ini ditulis. Mungkin juga ada yang terlewat. Tapi akan saya update apabila ada perubahan ketentuan atau biayanya. Sebisanya. 🙂

Oh ya, ada lagi yang disebut lifetime dalam dunia WordPress itu adalah masa pakainya. Ini yang sering menyesatkan. Sebagai pengguna tentu saja kita ingin menggunakan selamanya tapi tetap dapat updatenya.

Tentu saja sistem seumur hidup ini kadang malah jadi pedang bermata dua bagi providernya. Dimana tidak ada pemasukan baru karena semuanya memilih lisensi dan update yang berlaku selamanya. Jadi kita tetap harus bijak dalam memilih dan membeli mana yang berharga dalam jangka panjang. Bisa saja dalam 3 tahun sudah tutup usahanya dan apa yang kita miliki tidak berguna lagi karena tidak ada update.

Tulis komentar...