Tips dan trik meningkatkan kecepatan WordPress

WordPress sekarang sudah menjadi salah satu CMS terpopuler untuk membuat blog, website, bahkan toko online. Secara default kecepatan loadingnya sudahlah cukup cepat, tapi ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuatnya lebih cepat lagi. Mulai dari trik dalam setting WordPress sampai tips menggunakan plugin yang membantu.

Pertama silahkan cek dulu seberapa cepat website anda sekarang, anda bisa menggunakan Google PageSpeed Insight atau Pingdom. Catat berapa skor dan waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman anda secara penuh.

pingdom-website-speed-test-result

Setelah itu coba lakukan hal – hal berikut:

  • Gunakan Mystery Man atau Blank sebagai default avatar, kalau anda menggunakan yang lainnya maka WordPress akan menghubungi gravatar untuk membuat avatarnya. Kalau dimatikan maka akan mengurangi jumlah koneksi yang dibutuhkan saat pengunjung membuka halaman situs anda.
  • Pastikan anda memerlukan plugin yang anda pasang, kalau fungsinya tidaklah begitu penting mending dihapus saja. Jangan dinonaktifkan.
  • Perkecil ukuran gambar yang ada pada blog anda, ini bisa dari dimensi ukurannya atau melakukan kompresi ulang. Anda bisa menggunakan JPEGMini atau Caesium untuk memperkecil gambar yang ada sebelum diupload.
  • Aktifkan kompresi gzip dan sejenisnya untuk koneksi ke website anda, ini bisa diaktifkan melalui cPanel untuk shared hosting.
  • Pasang plugin untuk Caching WordPress. Dengan menggunakan sistem cache maka WordPress tidak perlu membuat halaman baru untuk setiap pengunjung, ini adalah proses yang memakan waktu dan resource hosting. Jadi pengunjung akan disuguhi halaman yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Anda bisa menggunakan W3 Total Cache, QuickCache, atau WP Super Cache.
  • Kalau anda menggunakan plugin cache maka silahkan utak atik setting minify untuk mengkompresi script HTML, CSS dan JavaScript.
  • Manfaatkan layanan CDN hosting untuk script – script open source seperti jQuery. Jangan khawatir layanan semacam ini gratis kok, anda bisa menggunakan Google Hosted Libraries, CDNJS, jsDelivr dan semacamnya. Silahkan cari pluginnya kalau tidka mau setting manual.
  • Masih kurang? Gunakanlah layanan CDN gratis seperti Incapsula atau CloudFlare, selain akses website akan menjadi lebih cepat juga konsumsi bandwidth hosting anda akan lebih hemat.

Sebagai catatan saja, tips dan trik mempercepat loading WordPress ini akan selalu saya perbarui dan perlengkap.

Satu pemikiran pada “Tips dan trik meningkatkan kecepatan WordPress”

Tulis komentar...