Ada satu tombol rahasia di Windows

Tahukah anda pada setiap aplikasi Windows ada satu tombol rahasia? Lebih spesifiknya adalah setiap jendela program yang menggunakan API Win32 ada satu tombol yang… tembus pandang. 😀 Tapi tetap bisa diakses asal tahu cara dan letaknya dan sampai saat ini (Windows 10) ternyata masih berfungsi normal sesuai tugasnya.

Bisa dikatakan ini hanyalah trivia saja karena gunanya sendiri bukanlah hal yang wah banget, cuma cukup menarik diketahui dan saya yakin banyak yang tidak tahu. 😉 Bagaimana caranya menggunakan tombol tak tampak ini? Saya contohkan pada Windows Explorer, klik saja di sekitar pojok kiri atas dan akan langsung muncul menu. Kalau bingung bisa lihat gambar dibawah.

Di Windows 10 pada pojok kiri masih ada iconnya, dan bisa anda klik langsung. Tapi di Windows 7 seringnya polosan saja.

Tombol ini sering disebut System Menu karena tugasnya adalah hal – hal yang digunakan untuk mengendalikan programnya secara keseluruhan. Dan bisa anda cek sendiri tidak ada fungsi yang diluar kewajaran.

Kenapa kok bisa anda tombol yang nyasar dan tersembunyi seperti itu? Ini ada hubungannya dengan sejarah sistem operasi Windows. Dulu untuk menutup aplikasi hanya bisa lewat menu yang sekarang sudah dihilangkan tersebut. Dan baru berubah sejak Windows 3.1.

Bisa anda lihat adanya icon di kiri atas yang sudah tidak ada di Windows modern. Ini dari Windows 2.0.1. Saya menggunakan emulator untuk mendapatkan screenshot ini.

Alasan perubahan posisi atau penambahan tombol close secara khusus pada setiap jendela program merupakan kemajuan, karena jadi lebih mudah diakses dan tidak perlu melakukan klik menu atau double-click pada menu tadi (silahkan dicoba) untuk menutupnya.

Tulis komentar...