VBA-M: Emulator Game Boy Advance terbaik

Bermain Game Boy Advance merupakan kegemaran saya di waktu kecil, perangkat game handheld ini merupakan yang paling berkesan bagi saya karena detail warnanya sudah jauh lebih baik daripada Game Boy Color dan tentu saja Game Boy biasa yang juga saya miliki. Banyak sekali game bagus di platform ini, mulai dari seri Pokemon, Final Fantasy, Megaman dan masih banyak lagi. Favorit saya memang mayoritas RPG atau Strategi.

Berbekal rasa nostalgia yang menggebu – gebu akhir – akhir ini, dimana Game Boy Advance saya juga sudah rusak tapi cartridge game (kaset) masih ada membuat saya mencari alternatif cara memainkan game ini di komputer baik Windows, Mac dan Linux. Akhirnya saya menemukan sebuah program emulator GBA yang tanpa ruwet cara pemakaiannya yaitu VBA-M (VisualBoy Advance-Merge), asalkan anda sudah memiliki file ROM dari game yang anda ingin mainkan – secara legal tentunya. Anda tinggal menjalankan VBA-M dan membuka file dengan ekstensi *.gba untuk ROM dari game GBA. Tapi tidak hanya itu saja sebenarnya VBA-M mendukung platform Game Boy klasik dan tinggal anda buka file *.gbc untuk Game Boy Color dan *.gb untuk Game Boy biasa yang hitam putih saja.

vba-m-pokemon-firered

Saya menggunakan netbook berbasis Intel Atom untuk memainkan game GBA dan ternyata lancar – lancar saja. Beberapa fitur yang menarik bagi saya dari emulator ini adalah:

  • Save/Load State – Kemampuannya menyimpan dan memuat kembali keadaan game saat itu, biasa disebut sebagai Save State. Jadi kalau anda ingin mensave game anda tapi tidak ada save point waktu itu maka langsung saja pakai fungsi ini. Ini berguna juga supaya kalau ada kesalahan bisa langsung diulangi gamenya pada keadaan yang sama persis sebelum hal yang anda lakukan sebelumnya.
  • Cheat – Integrasi mencari dan membuat kode curang untuk game yang sedang anda mainkan. Anda bisa menggunakan kode GameShark dan Pro Action Replay juga.
  • Grafis – Anda juga bisa membuat tingkat grafisnya menjadi lebih baik dari aslinya dengan menggunakan filter dan setting grafis VBA-M.

Secara keseluruhan tidak ada kekurangan yang saya rasakan kecuali waktu bermain saya yang kurang, kalau ini bukan masalah aplikasinya tapi. Haha… Satu tips lagi saya sering menggunakan tombol spasi untuk mempercepat proses gamenya, ini daripada menunggu loading yang lama atau dialog yang panjang. Tipe pemain yang tidak sabaran tampaknya saya. 😀

Tulis komentar...