WebCopy: Download website untuk browsing offline

Walau sekarang akses internet mudah didapatkan tapi belum tentu kita bisa online 24 jam 7 hari seminggu, setidaknya saya secara sadar menghindari aktivitas internet diluar jam kerja atau kalau tidak urusan yang membutuhkannya. Resikonya adalah banyak pekerjaan yang tidak tuntas karena diganggu pesan – pesan dari teman atau rekan kerja melalui messenger atau social media.

Kadang saat saya menemukan suatu situs yang menarik dan ingin membacanya di lain hari maka saya ingin mendownload seluruh isinya tanpa kecuali. Ini bisa digunakan untuk browsing website secara offline misal ada kejadian mati lampu atau gangguan koneksi internet, atau dipakai sebagai backup kalau tiba – tiba situs tersebut hilang dari internet.

Kalau di Save as satu per satu bisa keriting tangan, dan lagi banyak halaman yang linknya menjadi tidak berhubungan satu sama lain sehingga saat berpindah ke bagian lain dari website hasil save as tadi terpaksa membuka secara manual.

Kalau anda mengalami masalah yang sama dengan saya maka coba gunakan Cyotek WebCopy, sebuah software yang bertugas untuk membuat duplikat utuh dari suatu situs.
cyotek-webcopy

Bagaimana cara menggunakan WebCopy untuk mendownload seluruh isi situs? Jalankan programnya terlebih dahulu, kemudian anda tinggal mengisikan alamat situs pada kotak Website dan menentukan folder dimana hasil penyimpanan halaman web tersebut disimpan. Kalau sudah yakin pada konfigurasinya maka klik saja Copy Website atau tekan F5 untuk memulai proses download situs.

Silahkan tunggu pengunduhan seluruh bagian website sampai selesai, lama waktu yang dibutuhkan tergantung besar dan kompleks struktur situs beserta isinya, juga kecepatan koneksi internet anda.

Kalau anda hanya membutuhkan bagian tertentu atau tidak ingin mendownload jenis tertentu maka anda bisa mengaturnya pada setting di Rules dan Inclusion/Exclusion di menu Project.

Secara keseluruhan Cyotek WebCopy secara default sudahlah mencukupi tugas kita mendownload website untuk digunakan secara offline.

Tulis komentar...