Windows 7 Codec Pack: Solusi lengkap codec audio dan video di Windows

Kali ini saya akan membahas mengenai fungsi paling umum komputer yaitu memainkan video atau audio. Karena komputer memang serba guna dan serba bisa tidaklah salah orang memilihnya daripada membeli perangkat lain, sayangnya Windows sebagai sistem operasi paling populer tidak menyertakan beberapa codec yang dibutuhkan untuk memutar file – file media yang tidak standar tapi populer digunakan. Sebenarnya anda bisa menginstall video player seperti SPlayer, Media Player Classic, atau VLC untuk melengkapi kemampuan Windows. Tapi kalau anda tidak suka memasang software macam – macam maka ada alternatif yang lebih baik, yaitu Windows 7 Codec Pack. Walaupun namanya memiliki embel – embel Windows 7 tapi juga bisa digunakan di Windows 8 juga.

Cukup lakukan instalasi tapi harap hati – hati pada tawaran menginstall software tambahan menggunakan sistem OpenCandy, karena kalau tidak dibaca baik – baik anda akan menginstall juga aplikasi yang belum tentu anda butuhkan. Dalam percobaan saya yang ditawarkan adalah Baidu PC Faster.

Jadi pilihlah Detailed Installation pada awalnya, kemudian pilih Custom Installation saat ditanyakan dan hilangkan centang pada program yang ditawarkan. Setelah itu baru klik Install, jangan sampai terjebak.
windows-7-codec-pack-opencandy

Dengan menggunakan paketan codec video dan audio lengkap ini maka pada Windows akan mampu memainkan semua jenis video dan audio, setidaknya saya belum pernah gagal memutar media walau format file tersebut bisa dikatakan eksotis. Beberapa jenis format yang bisa diputar tapi tidak terbatas sampai disini: .mkv, .bdmv, .evo, .avi, .flv, .mp4, .ts, .webm, .m4v, .m4a, .ogm, .ac3, .dts, .flac, .ape, .aac, .ogg, .ofr, .mpc, .3gp, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mengatur settingnya lebih lanjut kalau menginginkan.
windows-7-codec-pack-advanced-codec-settings

Anda tidak perlu menggunakan video atau audio player tambahan kalau sudah memasang Windows 7 Codec Pack karena Windows Media Player dan Windows Media Center akan langsung bisa mengenali dan memakai codec yang baru saja anda pasangkan – setelah direstart tentunya.

2 pemikiran pada “Windows 7 Codec Pack: Solusi lengkap codec audio dan video di Windows”

Tulis komentar...