WinMD5: Mudah menghitung dan verifikasi MD5

MD5 (Message Digest 5) adalah salah satu algoritma hash untuk memastikan integritas suatu file, jadi kalau sebuah file telah dilakukan modifikasi akan segera diketahui tanpa perlu melihat isinya. Anda cukup cek saja nilai MD5 dan membandingkannya. Saya yakin kadang anda akan menemukannya dalam file – file video atau audio untuk menunjukkan bahwa file hasil download anda tidak berbeda dengan sumbernya.

Di Windows anda bisa menggunakan program bernama WinMD5 untuk membuat MD5 dari segala jenis file, cukup anda masukkan lokasinya saja dan akan otomatis dihitung berapa nilai hash MD5nya pada kotak “Current file MD5 checksum value”.

winmd5

Sedangkan kalau anda ingin mengetahui apakah file tersebut telah berubah maka masukkan file yang anda curigai seperti langkah diatas, kemudian masukkan berapa nilai MD5nya untuk file aslinya pada kotak “Original file MD5 checksum value”. Kemudian klik Verify.

winmd5-files-matched

Ya, begitu mudah bukan? Saran saya anda menyimpan daftar file – file penting beserta nilai MD5 checksumnya untuk backup. Ini memastikan file tersebut tidak berubah atau bisa digunakan dengan sempurna.

Tulis komentar...