WP-Optimize: Mengoptimalkan database WordPress otomatis

Seiring dengan berjalannya waktu maka informasi yang tersimpan dalam blog WordPress anda akan semakin banyak dan besar, ini juga termasuk data – data yang sudah tidak terpakai lagi atau bisa dikatakan sampah dan bisa berpengaruh buruk terhadap performa situs WordPress anda kalau dibiarkan.

Belum lagi kalau anda suka menginstall dan menghapus tema dan plugin WordPress maka niscaya akan banyak data yang ditambahkan dan tertinggal dalam databasenya. Jenis data lain seperti draft tulisan otomatis, komentar spam, transient options, pingback, trackback dan sebagainya juga perlu secara rutin dibersihkan.

Bila anda juga berpikir perlu mengoptimalkan database WordPress anda maka WP-Optimize bisa menjadi jawabannya. Setelah anda install dan aktifkan maka plugin ini akan secara otomatis mendeteksi data apa saja yang aman untuk dihapus pada bagian Clean Up Options.

wp-optimize

Kemudian perhatikan di kanan bawah akan ada bagian Status Log:
Current database size : 16.7 MB
You can save almost : 40.4 KB
Total clean up overall: 9.1 MB

Anda bisa melihat berapa ukuran database WordPress anda, berapa besar penghematan database kalau dioptimasi, dan berapa total database yang sudah dibersihkan selama ini. Jika anda ingin mencoba mengoptimalkan maka klik Process, tapi jangan lupa memberikan centang pada “Optimize database tables”. Tentu selalu lakukan backup data website anda terlebih dahulu sebelum melakukan apapun yang memodifikasi database website anda.

Kalau anda malas repot maka anda bisa mengatur jadwal optimasi database secara otomatis dan menentukan berapa lama data dibiarkan sampai dianggap aman untuk dibersihkan.

Secara keseluruhan ini adalah salah satu plugin yang tidak tergantikan dan sebaiknya dipasang pada setiap website yang menggunakan WordPress.

Tulis komentar...