WP-Smush.it: Mengoptimalkan gambar di WordPress otomatis

Membuat blog tentu sering kita menambahkan gambar atau foto didalamnya untuk membuat artikel kita lebih informatif. Selain kita harus mengetahui mana format gambar terbaik tergantung jenisnya, juga kita harus memperkecil ukuran filenya sehingga selain menghemat kuota disk space hosting juga penggunaan bandwidth hosting yang terbatas akan ditekan – ini juga akan mempercepat loading website karena ukurannya lebih kecil.

Kalau anda adalah orang yang malas repot seperti saya dan menggunakan WordPress sebagai platform blognya maka ada satu plugin yang cocok untuk kita. :p Yaitu WP-Smush.it yang akan mengoptimalkan ukuran file gambar yang kita upload tanpa mengurangi kualitasnya, dan semuanya ini berjalan secara otomatis.

wordpress-media-library-smush-it

Plugin ini menggunakan layanan Smush.it yang gratis dari Yahoo, dan akan menjalankan proses optimalisasi pada setiap gambar yang dimasukkan. Tapi hal ini akan dilakukan pada gambar yang diupload setelah anda mendownload dan mengaktifkan plugin WP-Smush.it, untuk gambar sebelumnya anda bisa menggunakan fitur Bulk Smush.it.

wordpress-bulk-smush-it

Saya peringatkan proses kompresi massal ini bisa berlangsung cukup lama kalau gambar anda berjumlah banyak dan ada resiko muncul pesan kesalahan “500 Internal Server Error” karena pembatasan penggunaan resource hosting dari web hosting anda. Kalau muncul error ini maka saya sarankan untuk dilakukan satu per satu saja, atau meminta bantuan support web hosting anda untuk meningkatkan batasnya sementara saja.

Secara keseluruhan ini adalah plugin wajib bagi setiap situs WordPress selain SEO, cache dan keamanan, jadi jangan ragu lagi untuk menginstallnya.

Tulis komentar...