XML Viewer Plus: Aplikasi pembaca dan editor file XML

File XML (Extensible Markup Language) kadang kita temui sebagai file konfigurasi software atau game, dan kalau anda membukanya di Windows biasanya akan menggunakan Internet Explorer secara defaultnya. Memang seluruh isinya akan ditampilkan dengan apik tapi untuk mengeditnya kita tidak bisa memakai Internet Explorer.

Sebenarnya menggunakan Notepad juga bisa tapi dari pengalaman akan kewalahan dan menjadi berat saat membuka XML dengan ukuran 1MB lebih, dan bisa jadi ada kesalahan penulisan syntax XML sehingga malah membuat error saat ingin dipakai filenya. Maka dari kasus sejenis ini saya mencari sebuah program yang mampu membaca file XML dan sekaligus sebagai editor untuk mengubah datanya, dengan kriteria gratis dan mudah.

Dari hasil pencarian singkat saya menemukan XML Viewer Plus, sebuah software gratis dan protable berukuran kecil kurang dari 1MB. Begitu dijalankan maka anda tinggal memasukkan file XMLnya dan akan ditampilkan apa isinya dan format skema yang digunakan. Kalau ada entry tertentu yang sedang dicari maka bisa menggunakan fitur Search yang lebih cepat dibandingkan Notepad.

xml-viewer-plus

Setelah mengubah apa data yang tersimpan didalamnya maka jangan lupa klik Validate untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan. Bisa juga dirapikan dengan perintah Format (Tidy) sehingga akan lebih tertata susunannya.

Karena saya kadang berurusan dengan file dengan tipe maka XML Viewer Plus sangat membantu saya dalam mengolahnya.

4 pemikiran pada “XML Viewer Plus: Aplikasi pembaca dan editor file XML”

  1. gan kalau mau buka html di halaman situs gimana ?, misal situs game yang ada tebak kotak, misal menentukan 2 kotak, kotak mana yang lost dan kotak mana yang profit, makasih

    Balas
    • Halo Nur, saya yakin informasi mengenai kotak yang mana yang menang tidak disisipkan dalam kode HTML mas. Biasanya pakai JavaScript untuk update nilainya dari server secara realtime.

  2. Saya udah donlod…dan mau buka file xml tp ttp ga bisa gan…muncul tulisan an invslid character was found in text content…..itu gmna ya gan

    Balas

Tulis komentar...