XP-AntiSpy: Satu klik untuk mengoptimalkan setting Windows

Setelah anda menginstall Windows biasanya pasti bingung melengkapi software – software yang nantinya digunakan, atau malah langsung mencari game untuk langsung dimainkan di komputer baru anda. Secara default memang tidak ada masalah pada setting Windows, tapi ada beberapa hal yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan kecepatan, keamanan, dan kenyamanan dalam pemakaian Windows sehari – hari.

Saya sering memakai XP-AntiSpy, sebuah program yang fungsinya adalah melakukan rberbagai macam bkonfigurasi dari Windows. Apa saja yang bisa disetting? Banyak sebenarnya, mulai dari perilaku saat error, mematikan firewall, memperbanyak jumlah koneksi default ke server, menyembunyikan komputer dalam jaringan, menonaktifkan auto-update, mematikan UAC, mengaktifkan Windows Defender, menampilkan ekstensi file, membersihkan riwayat dokumen yang pernah dibuka, dan masih sangat banyak lagi.

xp-antispy

Semuanya bisa diakses dari tampilan utama XP-AntiSpy yang akan membagi setting – setting yang ada dalam beberapa kategori dan tentunya diberi keterangan singkat apa dan kenapa bisa diubah. Anda bisa memberi centang pada setting yang ingin diaktifkan, dan kalau sudah klik saja Apply Settings, kalau banyak yang dihidupkan opsinya kadang bisa memakan waktu beberapa menit prosesnya.

Kalau anda masih bingung dan ragu mana saja yang aman untuk diutak – atik konfigurasinya maka saya sarankan menggunakan Profiles > Suggested atau dengan menekan tombol CTRL+2 untuk akses cepatnya. Nanti pada setiap setting yang direkomendasikan untuk diubah akan muncul warna hijau, ini berarti aman untuk diganti statusnya. Sedangkan merah berarti tidak disarankan tapi masih tetap bisa diubah opsinya.

Aplikasi ini mendukung Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7. Untuk versi lainnya tidak disarankan karena ada resiko merusak sistem operasinya daripada membantu nantinya.

Tulis komentar...