ZenPen: Menulis tanpa gangguan

Dalam menulis untuk materi blog saya tidak terbiasa menggunakan Microsoft Word, Editor milik WordPress atau Windows Live Writer yang cukup sering dijadikan favorit para blogger. Ini dikarenakan tampilan editornya “ramai”, jadi membuat perhatian saya kadang terganggu dan tidak fokus pada tulisannya.

Bagaimana dengan Notepad? Ya memang tidak elemen apapun karena sangat sederhana editor teks ini, tapi saya masih membutuhkan formatting sederhana seperti bold, italic, link, dan quote supaya tidak mensettingnya pada editor WordPress – agak lemot soalnya. Kebetulan saya menemukan ZenPen sebuah layanan editor tulisan online yang tampilannya minimalis dan sesuai dengan kebutuhan saya.
zenpen
Dalam ZenPen kita bisa langsung fokus pada tulisan karena tidak ada elemen – elemen yang menonjol tapi belum tentu kita butuhkan seperti toolbar dan menu yang umum ada. Untuk membuat formatting sederhana seperti yang saya sebutkan diatas tinggal anda pilih dan blok teksnya dan akan muncul jendela popup kecil berisi opsi – opsinya.

Nah… kalau sudah selesai maka hasilnya tinggal anda copy-paste saja ke WordPress atau Word, formattingnya akan ikut disertakan jadi kita tidak perlu mengulangi lagi prosesnya dan selanjutnya tinggal dipublikasikan saja.

Ya, ZenPen ini merupakan salah satu tool yang rutin saya gunakan kalau sedang ingin menyelesaikan suatu artikel tanpa memecah perhatian ke hal – hal yang tidak dibutuhkan saat itu.

Tulis komentar...