AlwaysMouseWheel: Menggeser jendela aplikasi apapun dimanapun

Bagi pengguna sistem operasi Mac tentu sudah terbiasa dengan perilaku Mouse Wheel bila kursor mouse berada di atas jendela program apapun dan ingin menggesernya maka cukup memutar roda mouse tersebut walaupun anda tidak mengkliknya atau menfokuskan aplikasi aktif. Sayangnya di Windows anda harus memilih jendela program supaya aktif baru bisa anda geser, untungnya ada solusi mudah untuk memperbaiki cara kerja mouse wheel di Windows.

AlwaysMouseWheel adalah jawaban dari permasalahan ini, dengan menggunakan aplikasi kecil dan portable ini Windows akan menjadi mirip dengan Mac untuk perilaku mousenya.

alwaysmousewheel

Beri centang pada Start with Windows agar software ini selalu aktif.

Mungkin bagi yang belum pernah memakai Mac atau anda yang terbiasa memakai Windows bingung apa fungsi dari bisa menscroll halaman yang tidak difokuskan. Salah satu contoh kasus adalah saat saya mengerjakan suatu dokumen dan ada jendela browser dibaliknya, keduanya aktif secara bersebelahan dan tidak full screen. Kalau ada update di web yang saya buka (seperti situs social media Facebook atau Twitter), saya tidak perlu melakukan klik ke jendelanya supaya aktif dan bisa discroll, cukup gerakkan saja roda di mouse untuk menggesernya.

Masih belum yakin apa keuntungannya? Saya sarankan dicoba saja, sebelumnya saya juga skeptis buat apa cara kerja mouse seperti ini, tetapi setelah menggunakannya beberapa lama malah jadi tool wajib di setiap komputer yang saya gunakan.

2 pemikiran pada “AlwaysMouseWheel: Menggeser jendela aplikasi apapun dimanapun”

    • Sama – sama mas. Saya juga dulu mikir buat apa aplikasi seperti. Setelah coba – coba ternyata sangat membantu juga kalau banyak jendela program aktif.

Tulis komentar...