Cara mengatasi jendela Windows Help and Support selalu muncul

Saya mendapatkan laporan dari salah satu pengguna komputer di kantor bahwa entah kenapa saat menjalankan program apapun akan muncul jendela Windows Help and Support. Bahkan kadang akan muncul saat sedang mencari di Google (saya tidak berhasil memverifikasi yang ini) dan saat booting masuk ke Windows.

Dari pengalaman di dunia perteknisian komputer masalah ini biasanya memiliki penyebab yang sepele. Saya ingatkan dahulu kalau Help and Support ini bisa dipanggil dengan tombol Windows + F1. Antara kesalahan manusia atau memang rusak keyboardnya.

windows-help-and-support

Kerusakan pada tombol fisik F1

Pertama cek dulu tombol F1 di keyboard anda, pastikan tidak sedang ditimpa barang apapun atau tersangkut. Ini yang paling sering terjadi dan solusinya ya tinggal memindahkan barang apapun yang menindihnya atau melepaskan apapun yang membuatnya tertekan.

Misal bukan karena kelalaian manusia berarti ada kerusakan di tombol F1 pada keyboard yang membuatnya aktif sendiri, untuk ini cara mengatasinya antara mengganti keyboard baru atau mematikan tombolnya secara permanen.

Solusi sementara via Task Manager

Kalau buru-buru, mungkin sedang fokus menyelesaikan pekerjaan. Maka ada solusi sementara dengan membunuh proses help and support Windows.

  1. Tekan tombol CTRL+ALT+DEL atau CTRL+SHIFT+ESC untuk memanggil Task Manager.
  2. Cari aplikasi/proses bernama Windows Help & Support.
  3. Klik kanan pilih End Task.

Mematikan tombol F1 di Windows

Kalau di laptop membeli panel keyboard baru sangatlah mahal, tidak seperti di PC yang tinggal beli baru dan pasangkan kembali maka sudah berfungsi normal. Karena itu sebaiknya kita menonaktifkan fungsi tombol tersebut menggunakan software seperti KeyTweak.

Hapus atau rename file Help and Support di Windows 10

Tujuan tutorial berikut menghilangkan referensi jendela Help and Support pada Windows 10.

  1. Buka lokasi folder C:\Windows\System32
  2. Cari file bernama HelpPaneProxy.dll dan ubah saja namanya terserah. Proses ini butuh hak administrator.
  3. Kalau gagal, anda perlu mengambil alih kepemilikan file tersebut dari TrustedInstaller ke user Windows anda.

Registry Windows Help and Support

Apabila solusi diatas dirasa sulit karena terbentu ownership filenya, maka bisa coba cara mengatasi alternatif pakai registry Windows.

  1. Jalankan Registry Editor dengan mencari regedit di Start Menu.
  2. Backup dulu lewat File > Export.
  3. Asumsi terbuka level paling atas (Computer). Cari helppane.exe lewat menu Edit > Find. Pastikan hanya Data yang dicentang.
    windows 10 regedit helppane exe
  4. Pada hasil pencariannya, edit nama filenya dari helppane.exe ke yang lain atau kosongkan saja.
  5. Restart Windows.

Menonaktifkan tombol F1 Windows

Ini mungkin lebih mudah bagi anda, tinggal masukkan saja setting registry Windows untuk mematikan fungsi tombol F1.

  1. Download file berikut: http://www.mediafire.com/file/51odhblvjgs9571/Tombol_F1_Windows.zip/file
  2. Kemudian ekstrak, dan klik kanan pada file mematikan f1 permanen.reg.
  3. Klik kanan dan pilih Merge.
  4. Restart Windows

Tapi ingat, setelah ini tombol F1 tidak akan berfungsi lagi kecuali sudah dikembalikan dengan file satunya dalam download diatas. Jadi kalau aplikasi yang anda gunakan membutuhkan tombol F1 jelas akan mengganggu operasionalnya.

Ketiga cara terakhir ingat Do With Your Own Risk.

Semoga bermanfaat. 🙂

38 pemikiran pada “Cara mengatasi jendela Windows Help and Support selalu muncul”

  1. saya juga mengalami hal yang sama. windows help and support ini tetiba muncul dan cukup sering sehingga mengganggu. solusi sementara saya pencet ctrl+alt+del (tas manager) kemudian end task di windows help and support ini. menurut saya pribadi, kedua tombol di laptop tidak ada yang menindih atau tersangkut. yang lebih menjengkelkan, seringkali berlanjut masalahnya, tetiba setelah itu akan memanggil help and support ini ke internet explorer dan setelah itu IE bisa muncul windows baru sampai berpuluh-puluh windows bahkan beratus-ratus. masalahnya saya sedang WFH dan laptop kantor tidak diperkenankan download sembarang software seperti KeyTweak yang disarankan. jadi dimana ya kira-kira masalahnya?

    Balas
    • Halo mbak Nina, terimakasih komentarnya.

      Artikelnya baru saya tambahkan 4 solusi lagi, dimana 3 diantaranya mungkin lebih tepat.

  2. Min, mau tanya kok yg dibagian “mematikan f1 permanen.reg” nya kalo klik kanan gaada pilihan “merge” ya? Cuma open, cut, coppy, delete, properties. Lalu saya harus pilih yg apa ya?? Windows saya windows 10

    Balas

Tinggalkan komentar