Android tidak bisa tersambung WiFi

Pada kedua handphone yang baru saya pegang baru – baru ini: Meizu M2 Note dan Infinix Hot Note X551 ada masalah yang sama. Yaitu bisa mengenali WiFi tapi tidak bisa menggunakannya. Jadi sudah benar saya masukkan apa password hotspotnya tapi saat dicoba malah dianggap tidak ada koneksi internet. Kadang malah berhenti di proses Obtaining IP Address.
Nah… WiFinya sudah saya tes dengan handphone Android lain dan memang tidak ada masalah. Lancar – lancar saja. Jadi saya yakin ini ada yang aneh pada kedua ponsel diatas. Yang telah saya lakukan sebelumnya adalah factory reset karena keduanya adalah hp bekas. Saya menggunakan modem WiFi FiberHome AN5506-04 FG dengan ISP MyRepublic, mungkin ada hubungannya.

fiberhome-an5506-los-led-blinking-red

Solusi yang saya gunakan dan berhasil (malah tanpa perlu mencari di Google) adalah dengan memanfaatkan hp Android lainnya. Jadi yang saya lakukan adalah mengaktifkan tethering WiFi/Portable Hotspot yang akan membagikan koneksi internet seluler. Saya memakai ASUS Zenfone 5 yang saya tether ke kedua hp diatas. Sukses tersambung dan bisa online. Setelah itu diputus dan saya gantikan ke WiFi yang sebelumnya bermasalah. Dan… masalah ini teratasi. Memang sederhana sekali caranya.

Terus terang saya heran ini penyebabnya apa, mungkin deteksi WiFi Androidnya yang bermasalah. Saya belum mencoba bisa tidak menggunakan modem WiFi lain karena selama ini berhasil diperbaiki semua, cukup sekali dilakukan.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...