Apa itu Black Friday dan Cyber Monday?

Di akhir bulan November pasti kita akan mendengar apa yang disebut Black Friday dan Cyber Monday. Banyak toko online di luar negeri yang menawarkan berbagai macam barang fisik dan digital dengan harga yang sangat murah bahkan diskonnya bisa mencapai 90%! Sebenarnya apa sih Jumat Hitam dan Senin Siber ini? Karena saya penasaran dan pasti akan berguna maka saya tuliskan apa pemahaman saya akan fenomena tahunan ini.

Mengenal Thanksgiving

Untuk mengetahui apa itu Black Friday maka kita akan memahami dulu mengenai Thanksgiving, atau hari raya untuk berterimakasih pada Tuhan di Amerika Serikat. Perayaan ini sudah dilakukan sejak tahun 1621 untuk berterima kasih terhadap panen pertama salah satu koloni (Pilgrims) di Amerika. Makan – makan besar disertai ciri khasnya kalkun panggang akan dimakan bersama keluarga. Hari Thanksgiving ini jatuh pada hari kamis keempat dalam bulan November. Kalau anda masih ingin membaca sejarah lengkapnya maka Wikipedia cukuplah komprehensif.

Untuk Thanksgiving tahun ini terjadi pada tanggal 27 November 2014.

Jadi, apa itu Black Friday?

Sedangkan Black Friday adalah hari Jumat setelah hari Thanksgiving. Dulu pada hari – hari sekitar perayaan ini tingkat penjualan berbagai macam barang meningkat jauh karena banyak yang ingin merayakan bersama keluarga dan saling berbagi. Apalagi secara tidak resmi juga sudah diangap tanggal merah sehingga banyak orang yang sedang libur sekaligus berbelanja untuk persiapan hari Natal juga.

rg1024 / Public Domain
rg1024 / Public Domain

Hal ini akhirnya dimanfaatkan para penjual retail dengan mengadakan promosi dan obral dalam skala besar. Bisa dikatakan mirip dengan obral Lebaran kalau di Indonesia. Kita bisa menemukan pakaian, makanan, handphone, televisi, game console, perabotan, dan masih banyak lagi yang ditawarkan dengan harga sangat murah tapi dalam stok terbatas. Karena itulah banyak berebutan dan terjadi kecelakaan saat berbelanja. Bayangkan saja satu toko bisa ribuan orang memenuhi sekaligus, dan kalau anda cari di internet akan tampak seperti medan perang.

Untuk Black Friday tahun ini jatuh pada tanggal 28 November 2014.

Oke, sedangkan mengenai Cyber Monday?

Nah… bagaimana dengan Cyber Monday? Hari apalagi ini? Sesuai namanya maka hari ini terletak pada hari Senin setelah hari Thanksgiving, jadi senin minggu depannya. Tapi kali ini yang menjadi fokus barangnya adalah yang bersifat maya atau digital. Istilah ini baru muncul tahun 2005 oleh perusahaan marketing agar penjual online bisa berpartisipasi dalam obral gila – gilaan Black Friday.

Anda akan dapat menemukan nama domain murah, web hosting banting harga, harga software dipotong, template website miring, layanan online obral, dan semuanya yang bisa digunakan online biasanya akan terlibat dalam promo Cyber Monday.

Untuk Cyber Monday tahun ini akan berlangsung pada tanggal 1 Desember 2014.

Penutup

Jadi pada dasarnya Black Friday adalah seperti event obral hari raya Lebaran, sedangkan Cyber Monday adalah sama tapi barang yang dijual adalah benda digital.

Oh ya, walau harga yang dipasang sangatlah murah (saya pernah melihat laptop senilai $600 dijual menjadi $140, juga handphone dengan harga jauh dibawah) saya tetap menyarankan anda tidak membeli barang fisik. Selain ada ongkos kirim internasional, waktu pengiriman yang lama,? juga repot mengurus pajak impornya dan bisa jadi totalnya sama atau lebih mahal daripada beli di Indonesia.

Tulis komentar...