Apa itu Event Viewer?

Windows Event Viewer berfungsi menampilkan log (catatan) kejadian dari aplikasi dan pesan sistem – seperti error, pesan informasi dan warning (peringatan). Hati – hati tertipu oleh apa yang ditampilkan dalam Event Viewer, sistem yang tidak bermasalah akan mempunyai beberapa pesan error disini.

Pernah ada seorang rekan yang tertipu saat ingin menserviskan komputernya, si tukang servis menunjukkan isi Event Viewer untuk membujuk rekan saya membeli hardware yang seharusnya tidak diperlukan dengan alasan rusak. 🙁

Untuk menjalankan Event Viewer dengan cara cepat silahkan ketikkan eventvwr.msc pada jendela Run Dialog (Windows+R).
windows-7-run-eventvwr-msc

Anda akan menemukan beberapa kategori seperti Application yang berisi event yang berhubungan aplikasi atau program, Security untuk keamanan dan System yang berisi event yang berhubungan sistem operasi Windows.
event-viewer

Kalau anda melihat ada error (icon tanda seru warna merah) bukan berarti komputer anda pasti mengalami adanya masalah. Jika selama ini dalam menggunakan komputer masih lancar dan tidak dirasa adanya kerusakan maka pesan error yang ada bisa dengan aman diabaikan.
event-viewer-properties

Event Viewer ini lebih ditujukan kepada System Administrator yang ingin melacak setiap error yang terjadi pada komputer yang ditanganinya, apalagi kalau untuk bisnis maka setiap masalah bisa berharga mahal.

Kita bisa melihat detail dari pesan error dan mencari di internet dengan kode yang ditampilkan. Misal tiba – tiba saja Windows mengalami BSoD (Blue Screen of Death) atau secara acak restart maka dalam event viewer biasanya sudah tercatat adanya keanehan ini dan mempersempit kemungkinan penyebabnya apakah software atau hardware.

Jadi log yang disimpan oleh Event Viewer bisa menjadi indikator kestabilan komputer dan membantu kita melakukan troubleshoot untuk memperbaiki masalah yang terjadi.

Tulis komentar...