Apa itu Overload pada ekspedisi?

Advertisements

Menjelang hari raya Lebaran atau tahun baru bagi anda yang ingin atau telah mengirimkan hadiah atau parsel untuk merayakannya maka ada kemungkinan akan mendengar istilah “Overload” pada ekspedisinya. Ini tidak terbatas JNE saja, TIKI, J&T Express, Pos Indonesia dan masih banyak lagi akan terpengaruh hal yang sama.

Apa itu Overload? Kalau langsung diartikan maksudnya kelebihan beban. Lebih spesifiknya karena banyaknya kiriman tapi tidak seimbang dengan kapasitas operasional ekspedisinya jadi banyak yang menumpuk di berbagai lokasi fasilitas ekspedisi. Ini bisa dari jadwal kerjanya yang terbatas atau jumlah petugasnya yang kurang untuk melakukan sortir barang dan mengirimkannya. Armada ekspedisi juga bisa jadi kendala kalau kurang.

Apa efeknya kalau Overload? Sederhana. Semua barang yang dikirimkan hampir pasti terlambat. Jadi jangan sampai pakai kiriman biasa (REG) kalau bisa. Apalagi yang termurah dan terlama (OKE atau ECO), bisa lebih lama lagi nantinya.

Advertisements

Solusinya? Sebelum hari H, kalau bisa kirimkan barangnya H-10 dengan jenis layanan kiriman tercepat. Misal JNE YES atau TIKI ONS. Walaupun yakin telat tapi lebih diprioritaskan, rata – rata selama kirimnya tidak terlalu dekat dengan hari liburnya maka bisa akan sampai 2-3 hari lebih lama dari estimasinya. Jadi kita antisipasi dulu dan pahami perkiraan berapa lama waktu kirim dan pengantarannya.

Solusi alternatifnya? Pas anda cek resi dan paketnya sudah sampai di kota tujuan sebaiknya penerima datang sendiri ke kantor/gudangnya. Tujuannya mengambil sendiri saja paketnya. Tapi… ada kekurangannya juga, karena sedang Overload proses pencarian barangnya bisa lama sekali. Pengalaman tahun lalu bisa sampai setengah hari di JNE baru ketemu, dan satunya lagi (pada hari berbeda) tidak ditemukan dan besoknya baru didapatkan.

Khusus JNE kalau ada kode Overload atau OD pada hasil trackingnya itu maksudnya sama.

Advertisements

105 pemikiran pada “Apa itu Overload pada ekspedisi?”

  1. Kak saya mau tanya drj tgl 13 kok pket sy masih di bandung apa ada masalah overload,da kalau emang over load sampai brapa lama overloadx.. tolong cek kan kak jd0004700906 j&t expres.

    Balas
    • Paketnya telah diterima:
      18/01/2018 – Thursday
      04:16oleh【KDI_GATEWAY】di kirim ke【UNAAHA】07:15paket sudah sampai di tujuan【UNAAHA】07:50【UNAAHA】sprinter【Ahmad Albar】sedang mengirim13:55sudah diterima, penerima adalah:【indah】

  2. Mas saya sudah cek nomor resi dan ternyata paket saya sudah di “RECEIVED AT INBOUND STATION [JAKARTA, GARUDA (DESP PST)]” kalau sudah lewat dari 2-3 hari it bisa di ambil sendiri kah barangnya yg bertempat di kemayoran?

    Balas
  3. Kak mau tanya paket sy dikirim dari tgl 19 februari, dan sampe tgl 22 februari statusnya masih paket telah sampai di ciamis dan belum ada perubahan sampai skrng, itu kira2 karena apa ya? Overload atau bagaimana ?

    Balas
  4. Mas mau tanya… saya pesan barang tgl 27 feb dari batam dan sampai tgl 4 pun belum berubah status pengirimannya masih di Batam..
    Kalo uda segitu lamanya apakah masih ada barangnya atau gmna ya ka

    Balas
  5. saya pesenan dari tanggal 5 april smpe sekarang blm dateng bilang nya alamat tidak lengkap padahal semua tercantum?trs saya harus gimn ya mas?

    Balas
  6. Gan saya klik didetail status saya barangnya masih dalam pengiriman agen kurir.
    Tapi pas klik dilacak tulisannya received at warehouse tasikmalaya.
    Artinya apa gan masih proses/sudah tiba ditasik?

    Balas

Tinggalkan komentar