Apa itu Tracking Protection di Mozilla Firefox?

Entah anda sadari atau tidak bahwa sebenarnya setiap website yang anda kunjungi akan memiliki kode – kode untuk mengenali (fingerprinting) dan melacak pengunjungnya. Ini sifatnya adalah aktif dan mengikuti anda saat mengakses konten secara online dan asal layanan trackingnya sama. Fungsinya adalah memperbaiki kualitas iklan agar sesuai dengan kebutuhan setiap orang, analisa kebiasaan pengunjung, dan statistik.

Walau begitu rasanya risih juga kalau kita tahu bahwa ternyata di internet bisa menjadi tidak anonim kebiasaan kita dan bisa dibedakan dari pengunjung – pengunjung lainnya berdasarkan sidik jari digitalnya. Hal ini bisa diatasi kalau menggunakan browser Mozilla Firefox karena sudah ada fitur Tracking Protection tapi tidak aktif secara default. Fungsinya adalah melakukan blokir script untuk melacak pengunjung situs dan dari hasil penelitian juga sekaligus mempercepat loading website hingga 44%. Jadi lebih banyak manfaatnya daripada dibiarkan saja.

Bagaimana cara mengaktifkan Tracking Protection di Firefox? Silahkan ketikkan alamat about:config di address bar dan tekan ENTER.

firefox-this-will-void-your-warranty

Nanti akan ada tulisan peringatan “This might void your warranty!” kemudian klik I’ll be careful, I promise! untuk melanjutkan.

Nanti di filternya isikan privacy.trackingprotection.enabled dan double-click untuk mengubah nilainya dari false menjadi true. Kemudian restart Firefox untuk menerapkan perubahan settingnya.
firefox-about-config-tracking-protection

 

Selanjutnya bagaimana kita tahu kalau fitur Tracking Protection ini sudah hidup? Silahkan saja browsing ke beberapa situs dan perhatikan di bagian pojok kiri kotak url akan ada simbol perisai.
firefox-tracking-protection-active
Tracking Protection ini adalah fitur keamanan yang melindungi aktivitas online anda dari pelacakan dan mempercepat akses website di Mozilla Firefox cukup dengan satu langkah. Sekarang anda sudah tahu apa itu Tracking Protection dan tidak ada ruginya kalau anda mulai menggunakannya, tapi ini bukan untuk blokir iklan lho ya.

Tulis komentar...