Apa yang Google ketahui tentang anda?

Tidak dipungkiri Google memang menguasai bidang pencarian (Search), analisa pengunjung (Analytics) dan periklanan online (AdSense). Dari ketiga hal ini mereka bisa mengenali siapa dan preferensi setiap individu yang menggunakan internet, asalkan sempat berinteraksi dengan layanan Google walaupun sebentar saja.

Hal ini ternyata memang dilakukan oleh Google karena selain setiap aktivitas pencarian anda akan tercatat dan disimpan mereka juga akan membuat profil anda berdasarkan kebiasaan berinternet anda. Data ini akan semakin akurat karena dilengkapi informasi dari Google Analytics yang hampir semua situs di dunia menggunakannya untuk analisa dan statistik pengunjung. Kita benar – benar sulit lepas dari pemantauan Google untuk aktivitas di internet.

Nah… kalau anda memiliki akun Google maka bisa ikut melihat apa yang diketahui Google mengenai anda. Anda bisa mengaksesnya melalui url berikut: https://www.google.com/ads/preferences/.

google-ads-settings

Ini bisa dari jenis kelamin, usia, dan hal – hal favorit anda. Mereka menggunakan data ini untuk menampilkan iklan – iklan yang relevan nantinya saat anda mengakses website manapun yang merupakan partnet Google dalam iklan.

Kalau anda merasa privasi telah terganggu maka bisa menghapusnya juga dari sini dan memberikan instruksi kepada Google agar tidak mengumpulkan data anda kembali setelahnya.

Tulis komentar...