Cara mengetahui riwayat pencarian Google

Sebagai orang tua teman saya sangat memperhatikan aktivitas anaknya sewaktu online, selain mengecek history browser juga ingin mengetahui apa yang dicari oleh anaknya di Google. Apakah masih berhubungan pelajaran atau hiburan biasa, dan semoga saja tidak ada yang melanggar aturan seperti situs dewasa. Khusus untuk pencarian di Google sebenarnya setiap kata yang kita masukkan akan tercatat dan disimpan, dan sekarang kita akan mengeceknya.

Syaratnya untuk menggunakan fitur ini cuma satu: anda harus login ke akun Google, lokasinya di pojok kanan atas kalau anda belum masuk. Nah kalau sudah maka langsung saja akses halaman Google History. Akan muncul grafik aktivitas pencarian Google dibagi per jam dan per hari, juga bisa lebih jauh lagi rentang waktunya dengan menggunakan kalendernya.

google-history-search-activity

Untuk melihat apa yang sebenarnya dicari di Google maka geser kebawah dan akan muncul daftar kata atau kalimat yang digunakan. Juga alamat situs apa yang diakses dari hasil penelusuran. Anda bisa melihat seluruhnya dengan mengakses halaman terbaru atau sebelumnya pada navigasi yang disediakan.
google-history-search-keywords
Untungnya dari pengecekan singkat tidak ada hal aneh yang muncul, jadi untuk sementara masih aman. 🙂 Tentu saja data ini adalah privasi, dan apabila ada keyword yang dirasa lebih baik dirahasiakan bisa dihapus kok.

Ini juga menjadi peringatan kalau anda sering meminjam laptop teman, sebaiknya kalau akunnya sedang login maka segera signout supaya kegiatan internet anda tidak tercatat.

Satu pemikiran pada “Cara mengetahui riwayat pencarian Google”

Tulis komentar...