LOADING

Type to search

Hardware

Apakah perbedaan antara port speaker dengan headphone?

Pada komputer anda terdapat port atau colokan untuk speaker dan headphone, anda bisa memasang headphone anda dikeduanya dan suara pun keluar. Jadi apa ada perbedaan diantara port speaker dengan headphone?

digital-out-headphone-analog-io

Perbedaan diantara keduanya tergantung dengan hardware yang terpasang di komputer, tapi secara umum terdapat perbedaan antara port speaker dengan headphone – secara spesifik berhubungan dengan maksimal dan minimal dari nilai impedansi yang bisa digunakan di port speaker dan headphone.

Beberapa soundcard mengikutkan penguat (amplifier) pada port headphonenya. Disarankan sebelum anda membeli soundcard anda melihat dulu spesifikasi port outputnya, jadi kita bisa melihat perbedaan tingkat muatan untuk port headphone dan line-out lainnya. Contohnya pada sound card Auzentech X-Fi Forte, memiliki amplifier headphone secara built-in. Anda bisa melihat pada spesifikasinya bahwa terdapat perbedaan pada tingkat muatan headphone dan port line-out lainnya.
Headphone Load Impedance: 16 - 600 O
Line Output    Impedance: 330 O
Line/Aux Input Impedance: 10 kO  (10,000 O)

Karena inilah beberapa soundcard memberikan peringatan untuk tidak menggunakan speaker pasif (tidak memiliki amplifier) pada port tertentu, karena dengan rendahnya impedansi akan menggunakan lebih banyak arus dan bisa merusak port tersebut.

Kesimpulannya cocokkan headphone dan speaker ke port yang digunakan dengan impedansinya, dan secara umum speaker ke port speaker juga headphone (yang tidak memerlukan daya tambahan) ke port headphone, alasannya sudah dijelaskan diatas. Hal ini juga menjelaskan kenapa ada sedikit perbedaan volume antara kedua port tersebut.

Tulis komentar...