Memperbaiki suara tidak keluar dari headphone atau speaker di Android

Aneh sekali handphone teman saya tiba – tiba saat dipasangkan headphone tidak bisa keluar suaranya dan iseng saja ditancapkan kabel audio speaker (merek Simbadda) juga sunyi. 🙁 Ponsel teman saya ini adalah Smartfren Andromax V3s (Android 4.4 Kitkat) yang baru saja dibeli minggu lalu dan saat dicek di Galeri Smartfren berfungsi normal. Kalau mendengarkan lagu atau video melalui speaker internal hpnya masih normal, jadi ringtone dan bunyi notifikasi jelas tidak bermasalah.

Karena teman saya masih membutuhkan handphone tersebut untuk bekerja makanya enggan datang menserviskan, apalagi prosesnya bisa beberapa minggu. Diagnosa awal memang port audio di hpnya bermasalah, saya cek headset dan speaker eksternal tadi di ASUS Zenfone 5 (Android 4.4.2 Kitkat) sampai Realme 3 Pro (Android 10) milik saya juga lancar saja. Tentu saja direstart sudah saya coba dan tidak berhasil diatasi.

Dari hasil pencarian di internet tampaknya ada beberapa solusi yang bisa dicoba untuk memperbaiki masalah suara tidak keluar kalau perangkat Android dipasangkan ke headset atau speaker.

Berikut akan saya tuliskan beberapa diantaranya yang sudah saya coba dan mana yang berhasil bagi saya, untuk anda mungkin berbeda jadi silahkan coba satu per satu.

Pancingan lagu

Mainkan lagu di ponsel anda baru kemudian pasang speaker atau headphonenya. Saat saya coba masih gagal dengan metode ini.

Tapi dari beberapa laporan pengunjung ada yang langsung bisa. Syukurlah. 😀

Restart hp dengan headset terpasang

Restart handphone dengan kondisi kabel headphone atau speaker terpasang, mungkin saat Android sedang loading dan mendeteksi adanya kontak terhadap perangkat lain akan dikoneksikan ulang.

Pada tahap ini saya berhasil menyelesaikan kasusnya.

Konflik dengan SD card

Kalau anda menggunakan microSD card coba dilepaskan dan dipasang kembali. Jadi lepaskan dahulu kemudian nyalakan handphone anda dan pasangkan kabel headphonenya, kalau muncul suaranya maka pasang kembali kartu SDnya.

Belum sempat saya coba kalau yang ini karena sudah berhasil diperbaiki, tapi saya tuliskan karena banyak orang mengatakan ini bisa menjadi penyebabnya.

Pakai aplikasi untuk memaksa jalur audio

Silahkan coba install aplikasi SoundAbout untuk “memaksa” Android menggunakan jalur audio mana dalam perangkatnya.

Banyak yang berhasil setelah pakai metode ini. Tapi saran saya mulai pertimbangkan untuk ganti hp baru, karena ini untung-untungan. Ada yang setelahnya normal permanen, ada yang harus dilakukan setiap beberapa bulan.

Tes dengan telepon

Coba pasang headset dan telepon siapa saja kemudian langsung lepaskan. Saat ada nada sambung bisa diputus panggilannya. Tidak harus diangkat oleh teman anda.

Silahkan dicoba salah satu dulu, jangan dilakukan semuanya bersamaan. Kalau masih gagal juga tampaknya tinggal cara terakhir yaitu reset handphone Android anda, silahkan backup dahulu data – data penting anda sebelum melakukan proses ini.

Oh ya, bila tidak berhasil sama sekali walau sudah direset maka tidak ada jalan lain kecuali membawa handphone anda ke service center. Kemungkinan jack audionya sudah rusak.

Semoga berhasil. 🙂

Update 4 Januari 2016: Menambahkan 2 solusi alternatif lain.

1.522 pemikiran pada “Memperbaiki suara tidak keluar dari headphone atau speaker di Android”

  1. Makasih banget ya.. Sya sudah coba solusi 1 sampai 3 tapi belum bisa…. Tapi pas coba yg ke 4 alhamdulillah bisa.. Saya download volume booster GOODEV.. Semoga yg lain juga dimudahkan oelh Allah…

    Balas
  2. Mas kalo hp nya samsung note fan edition itu dipake telp menggunakan headset akan terdengar suara listrik di hp yang di telp tapi begitu di lepas suaranya berhenti, udah ganti headset ttp gtu, itu kenapa ya mas?

    Balas
  3. bluethoot aktif/terhubung, tapi suara nya keluar dari HP, bkn dari speaker/headset bluethoot nya..
    ini terjadi ketika di aplikasi youtube aja..
    nah, pas buka youtube dri website, suara nya keluar dri speaker/headset bluethoot nya..

    pertanyaan : kira2 masalah nya di aplikasi youtube nya, atau di bluethoot nya..?
    thnx..

    Balas
  4. Siang mas, sy mw.. hp sy samsung j3 pro 2016, kl dipsng headset utk telp suara sy ga ad di penerima, tp suara penerima jelas di sy,, notif headset terhubung, bisa dengerin lagu jg.. knp y mas.. tlng bntuan’y.. mksh

    Balas
  5. Makasih banyak bro,masalahnya terselesaikan dgn cara merestart hpnya ,kemiduan sy coba kembali ternyata berhasil, sekali lagi terimakasih banyak atas sarannya???

    Balas
  6. Sampai sekarang masih salut sama blog ini, dari tahun kapan gitu setiap cari informasi apapun, eh muncul blog ini di google. Dan asiknya, semua artikel berdasarkan pengalaman om Chandra, jadi saya percaya 100% dengan tips & triknya.

    Sekedar share, saya penggemar IEM, dan IEM kisaran 100-500rb cepat banget rusak, 1tahun garansi service biasanya rusak di bulan 10. Daripada ngirim ke service center ribet dan lama perbaikannya bisa 1-2bulan, lebih baik benerin sendiri, palingan butuh 15 menit saja. Pada kasus saya, kerusakannya selalu sama, mati sebelah.

    Kalau saya pertama-tama mengecek dengan putar kabel pangkal jack connector, kalau diputar di sudut tertentu ada suara, berarti ada daleman kabel yang putus. Simple, bongkar dan solder ulang, atau ganti connector baru. Biasanya ini untuk kasus yang mati total (tidak ada suara kanan kiri).

    Kalau jack connector aman, tekuk kabel setengah melingkar di jari telunjuk, majukan dari arah pangkal ke driver yang untuk di kuping. Kalau pas di bagian tertentu ada suara, berarti daleman kabel di bagian itu terputus. Tinggal tambal sambung, solder tipis dan pakai “selang bakar”/”heat shrink cable” biar rapih dan aman.

    Kalau itu semua tidak ada masalah, bongkar bagian driver, biasanya ada kabel yang copot, tinggal solder ulang saja. Ini kasus umum untuk IEM straight down, kalau over ear jarang yang kena.

    Kalau semua kabel aman, kemungkinan komponennya yang rusak, mau tidak mau ganti baru, soalnya ribet nyoldernya dan komponen kecilnya juga banyak yang susah dicari eceran.

    Balas
  7. Pak, kasus saya sama dengan pak joshua, awalnya ga ada masalah dengan headset belakangan suara sy tidak terdengar di lawan bicara tapi kalau mendengar music atau suara internal masih bagus kira-kira kenapa ya?

    Balas
    • HP merek dan tipe apa mbak? Android versi berapa?

      Ini maksudnya saat telepon pakai headset? Speaker normal?

  8. Gan hp gw asus zenfone live kok dipasang headset pas mau di gedein cuma mentok sampe tengah aja di mentokin kaga mau. Ud tak ganti headset ttp sama. Solusi gmn

    Balas
    • Sebelumnya normal mas bisa dimaksimalkan?

      Tidak ada error kalau volume headsetnya melebihi batas aman telinga manusia? Saya pernah menemukan hal ini pada 2 merek hp berbeda.

  9. Sehari sebelumnya normal mas. Ini saya sudah coba 2 headset yg beda satu akg satu kz. Tak pikr headset akg saya yg rusak krn ud lama to pas saya coba headset kz saya yg baru beli ttp sama aja. Cuma mentok 50 persen aja ga bisa di mentok kin. Saya ud coba headset saya di hp lainnya normal. Itu cm berlaku pas heaset terpasang pas headset di lepas audio hp normal volume bisa mentok

    Balas
    • Pakai headset lain apakah ada perbedaan mbak? Atau bluetooth headset.

      Coba bersihkan jack audionya dengan cotton bud.

Tinggalkan komentar