Apakah System Reserved di partisi Windows itu?

Kalau anda pernah menginstall Windows 7 atau 8 pasti akan menemui partisi lain yang dibuat secara otomatis dinamakan “System Reserved” yang kalau diartikan langsung artinya adalah “Dipesan oleh Sistem (Operasi)”. Untuk apa Windows membuat dan mengklaim partisi di harddisk ini?

System Reserved adalah partisi yang tersembunyi (hidden) dan biasanya berukuran 100MB, anda tidak akan bisa melihatnya di Windows Explorer kecuali anda memberinya huruf drive seperti drive C.

Apakah fungsi System Reserved?

System Reserved digunakan untuk fitur BitLocker. BitLocker sendiri diperkenalkan pada Windows 7, jadi pengguna versi Windows XP atau sebelumnya memang tidak akan menemukan System Reserved ini. Jika anda memanfaatkan fitur BitLocker maka Windows akan memerlukan partisi ini untuk booting.

Partisi ini juga berisi recovery environment yang bisa digunakan apabila ada masalah booting pada instalasi Windows anda.

Apa yang terjadi kalau anda menghapus System Reserved ini?

Maka fitur BitLocker tidak akan bisa anda gunakan. Untuk mengaktifkan fitur BitLocker setelah partisi System Reserved dihapus adalah dengan mambackup seluruh data anda, format harddisk anda, dan install Windows dari awal.

Recovery tools juga jelas menjadi tidak bisa diakses kalau anda hapus partisi berukuran 100MB ini. Untuk menggunakan recovery environment kembali setelah membuang System Reserved harus dengan membuat System Repair Disc.

Jadi kesimpulannya kalau tidak ada masalah lebih baik anda jangan mengutak – atik System Reserved, dan jangan berikan drive letter juga. Karena kalau ada kesalahan setting bakal repot nanti saat berusaha memperbaikinya.

Satu pemikiran pada “Apakah System Reserved di partisi Windows itu?”

Tulis komentar...