Cara backup kontak hp Android

Kontak. Informasi penting yang berisi daftar nomor yang bisa digunakan menghubungi keluarga, teman, saudara, kenalan dan banyak lagi. Sistem kontak sendiri di handphone Android sudah jauh lebih canggih lagi. Bisa menyimpan banyak nomor hp tergantung jenisnya, alamat rumah, tulisan catatan, tanggal ulang tahun dan semacamnya.

Maka dari itu terlihat betapa pentingnya data-data kontak anda, apalagi kalau tidak tersambung lewat media sosial. Kalau hp anda hilang atau dicuri, bakal repot nantinya. Maka dari itu melakukan backup data adalah hal yang sebaiknya dilakukan setidaknya setahun sekali.

Setidaknya ada 2 cara untuk melakukan pencadangan kontak di perangkat dengan sistem operasi Android.

Cadangkan kontak hp Android

Solusi termudah adalah memanfaatkan aplikasi yang sudah ada dalam hp. Yakni aplikasi Telepon atau Kontak, namanya bisa sedikit berbeda tapi fungsinya sama semua. Dalam tutorial ini saya mendasarkan ke hp saya Realme 3 Pro. Tinggal diadaptasikan saja.

Cara backup kontak hp Android

  1. Langsung saja buka aplikasi Telepon atau Kontak di handphone anda.
  2. Cari Pengaturan/Setelan di dalamnya.
  3. Di dalamnya akan menemukan opsi Impor/Ekspor kontak. Tap saja.
  4. Kemudian pilih Ekspor kontak ke penyimpanan, bisa internal dalam hp atau ke sd card. Filenya bisa CSV atau VCF.
  5. Selesai.

Dalam pemilihan ekspornya nanti akan ada opsi akun. Bisa data yang tersimpan dalam hpnya sendiri, akun Google, WhatsApp, Telegram dan sebagainya. Jadi yang anda backup bisa semuanya atau pilih yang spesifik.

Cadangkan kontak Google

Bisa dikatakan dengan menggunakan Android maka layanan dari Google adalah wajib hukumnya. Kecuali pakai custom ROM. Karena itu setiap kontak yang tersimpan akan otomatis disinkronkan ke akun Google yang sudah login di hpnya.

Cara backup kontak Google

  1. Langsung pakai browser kesini: https://contacts.google.com/
  2. Login ke akun Google yang diinginkan bila belum.
  3. Pada menu sebelah kiri agak bawah pilih Export/Ekspor.
  4. Akan ada pilihan disimpan sebagai file CSV atau VCF.
  5. Proses dan sekian.

Pakai akun Google cocok kalau anda perlu melakukan pencadangan kontak untuk pindah akun lain. Jadi tidak perlu repot mengisikan satu-satu lagi dari awal.

Demikian dan semoga membantu. 🙂

Tinggalkan komentar