Bagaimana cara akses remote database MySQL di cPanel?

Mengelola database MySQL yang dalam cPanel tidak harus login ke panel web hostingnya maupun memanfaatkan phpMyAdmin. Sebenarnya kita bisa kok mengolah database yang ada dari komputer di rumah atau kantor, ya menggunakan Navicat atau HeidiSQL misalnya. Tapi tentu ada langkah – langkahnya agar bisa menggunakan secara remote.

Seperti biasa langsung saja login ke akun cPanel anda dan kemudian geser ke bagian Databases, didalamnya anda akan menemukan opsi Remote MySQL. Klik saja.

cpanel-databases

Kemudian anda harus menambahkan alamat IP publik yang digunakan di rumah atau kantor dalam kotak yang disediakan dan klik Add Host.

cpanel-remote-database-access-hosts
Kalau tidak tahu anda bisa menanyakan ke Google apa Public IP anda atau menggunakan layanan icanhazip.com. Anda bisa menggunakan wildcard (simbol %) agar jarak IP 1-255 akan diterima.

Bila ingin dihapus hak aksesnya alamat IP tertentu tinggal klik simbol silang pada kolom Remove.
Akan lebih baik lagi kalau anda memiliki alamat IP statis karena anda bisa membatasi akses hanya dari satu lokasi saja. Lebih aman begitu.

Nanti untuk akses ke database MySQL dari aplikasi gunakan port 3306 ke alamat IP web hosting anda dan gunakan username dan password dari akun cPanel anda. Selesai.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...