Bahaya menggunakan theme atau plugin WordPress premium “gratis”

Populernya WordPress sebagai CMS pilihan untuk membuat website, blog, forum, atau bahkan toko online membuat banyak pilihan desain dari theme dan tambahan fungsi yang bisa didapatkan sistem plugin. Semua ini bisa diperoleh dengan gratis dan tentu saja ada yang premium atau berbayar. Kalau anda sudah jatuh hati terhadap theme atau plugin tertentu yang berbayar biasanya dengan mencari di Google akan mendapatkan link downloadnya secara gratis, memang ini hak anda menggunakan script bajakan. Tapi saya sangat menyarankan untuk menghindarinya sejauh mungkin.

wordpress-3-9-themes

Kelebihan menggunakan plugin atau theme WordPress bajakan adalah gratis. Ya, kita memang tidak mengeluarkan biaya sama sekali, cuma repot mencarinya saja. Cuma ini keunggulan bajakan dibanding yang original sepengetahuan saya.

Kekurangannya menggunakan script bajakan ini? Malah jauh lebih banyak bahayanya daripada manfaatnya, dari sepintas saya pikirkan saja malah terlihat resikonya cukup besar. Berikut adalah beberapa argumen yang semoga menjadi pertimbangan anda sebelum mencoba memasang theme atau plugin WordPress ilegal:

  1. Malware atau Virus – Kebanyakan script WordPress premium yang disediakan secara gratis besar kemungkinan telah dimodifikasi dan disisipkan oleh kode – kode malware atau virus. Efek dari virus ini bisa dari men-deface situs anda, menampilkan iklan, mencuri akun admin, menyerang website lain dengan DDoS, menyebarkan virus ke pengunjung, dan masih banyak lagi. Anda bisa menggunakan layanan seperti Sucuri atau Quttera untuk mengecek situs anda apakah aman atau tidak dari kode jahat.
  2. quttera-detailed-report-sitescan-report
  3. Update – Karena kita tidak membeli secara legal maka untuk setiap adanya update script baik untuk tema WordPress dan pluginnya kita haru berburu ulang link downloadnya. Juga belum tentu script yang ada kompatibel, ini biasanya kalau yang membocorkan adalah orang yang berbeda. Anda bisa saja membiarkan menggunakan versi yang lama, tapi karena WordPress sendiri rutin mengeluarkan update versinya maka cara ini tidak bisa digunakan terus menerus. Ada saatnya script yang sudah lama tidak bisa berjalan lagi, dan ini akan memaksa anda mengupdate theme atau plugin anda. Ini meningkatkan resiko situs anda terinfeksi malware dan juga anda akan repot setiap kali ada pembaruan.
  4. Support – Yang paling penting dengan membeli WordPress plugin atau theme asli adalah dukungan dari si pembuatnya, kalau ada masalah anda bisa menanyakan langsung dan meminta solusinya. Sedangkan kalau anda menggunakannya secara ilegal tentu saja anda harus sendirian berusaha memperbaiki masalah yang dialami.
  5. Traffic pengunjung – Masih berhubungan dengan poin pertama, kalau di website anda terdapat virus atau malware maka Google akan tahu. Dan di setiap hasil pencarian yang ada halaman website anda akan diberikan peringatan ada bahayanya, walaupun si pengunjung tetap memaksa membukanya juga akan disambut bahwa halaman yang akan diakses terdapat bahaya virus atau malware. Ini jelas akan memukul jatuh tingkat trafik pengunjung.wordpress-stats-chart

Karena itu saya sangat menganjurkan untuk gunakan WordPress theme atau plugin dari sumber terpercaya, kalau belum bisa membeli yang premium maka tunda dulu dan cari alternatif gratisnya dari WordPress.org.

2 pemikiran pada “Bahaya menggunakan theme atau plugin WordPress premium “gratis””

    • Memang lebih baik menggunakan yang gratis dan legal mas, mencegah kode – kode pada tema dan plugin disisipi hal – hal berbahaya yang nantinya malah merugikan. Ini dari pengalaman saya membantu beberapa teman memperbaiki blognya yang muncul link – link di footer, ada iklan padahal tidak pernah disetting, dan bahkan menjadi bot spammer. Jadi memang bisa dikatakan cukup beresiko barang premium gratisan yang mudah didapatkan ini.

Tulis komentar...