Scan malware pada website menggunakan Quttera

Memiliki sebuah website tampaknya sudah merupakan hal yang lumrah sekarang ini, memang ongkos yang dikeluarkan tidaklah banyak apalagi hanya untuk website sederhana. Karena website anda bisa dikunjungi dari seluruh dunia kadang ada orang yang iseng ingin meng-hack website anda atau anda menggunakan template yang entah asal mulanya – ini bisa berarti ada script – script jahat yang menumpang di website anda.

Efeknya bagi website anda apa? Dari yang tidak menganggu seperti ada link – link tersembunyi di blog anda, muncul iklan – iklan secara tiba – tiba, halaman web anda dialihkan tanpa sebab, menjebak pengunjung dengan formulir palsu, sampai menyebarkan virus dan malware! Semua ini bisa membuat runyam website anda dan resiko diban oleh Google.

Apa yang bisa dilakukan? Scan website anda sekarang dan selanjutnya secara periodik untuk menemukan adanya malware atau virus. Tool apa yang bisa digunakan? Anda bisa mencoba layanan online malware scanner dari Quttera. Layanan scan malware ini tersedia secara gratis dan akan menyisir seluruh halaman web anda, jadi tidak seperti layanan sejenis lainnya yang membatasi scan per halaman saja. Karena online anda tidak perlu menginstall apapun pada komputer. Cara menggunakannya? Cukup masukkan alamat website anda dan klik “Scan for Malware”.

quttera

Proses malware scanning akan berlangsung dan anda bisa memantau progressnya sampai mana pada jendela popup yang muncul.

quttera-scanning-url

Anda akan segera melihat hasilnya apabila proses pindai malware selesai, langsung dengan tulisan Clean bila bersih. Bila anda ingin mengetahui detail laporan hasil pemindaian malware klik “Detailed report”.

quttera-scanning-url-done

Hasil scan secara umum akan terlihat pada tab Sitescan report. Disini anda bisa melihat alamat website dan port yang digunakan. Kapan proses scan malware pada website dilakukan. Informasi teknis seperti IP address server, lokasi negara server itu, software server apa yang digunakan. Informasi mengenai file yang dicek bisa dilihat sekilas disini, tapi akan dapat dilihat secara detail pada tab lainnya.

quttera-detailed-report-sitescan-report

Tab Scanned files analysis akan berisi informasi mengenai file berbahaya yang terdeteksi, file mencurigakan yang terdeteksi, file yang mungkin mencurigakan yang terdeteksi dan file yang bersih dari infeksi malware.

quttera-detailed-report-scanned-file-analysis

Berikut tab Iframes and external links yang berisi informasi mengenai link website anda yang menuju keluar juga akan discan, jadi anda akan tahu kalau link yang terdapat di website anda berbahaya atau tidak. Apakah Iframe di website anda berbahaya juga akan dicek dan hasilnya bisa dilihat disini.

quttera-detailed-report-iframes-and-external-links

Terakhir pada tab Blacklisting status apakah website anda diban akan muncul informasinya juga. Sumber – sumbernya adalah dari PhishTank, Google SafeBrowsing dan MalwareDomainList.

quttera-detailed-report-blacklisting-status

Bagaimana, Lengkap bukan layanan scan malware yang disediakan Quttera ini? Semoga hasil scan website anda berwarna biru atau hijau semua alias bersih tanpa ada infeksi malware. Sebagai penutup bagi anda pengguna CMS WordPress bisa menggunakan plugin resmi dari Quttera untuk mengintegrasikan dan monitoring malware scan ke website berbasis WordPress milik anda.

Tulis komentar...